Pengaruh Brand Image, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum (Studi Pada Masyarakat Kota Bekasi)

Reyka Ferdiana, Imam Yuwono

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Harga, dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum di Kota Bekasi. Minuman kemasan merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh masyarakat umum. Salah satunya adalah teh dalam kemasan. Di antara sekian banyak merek teh kemasan, terdapat satu merek yang menonjol dalam lima tahun terakhir yaitu Teh Pucuk Harum. Peminat Teh Pucuk Harum berasal dari berbagai kalangan baik kalangan remaja hingga dewasa. Meski tergolong pendatang baru, Teh Pucuk Harum merupakan market leader di pasar teh melati. Teh Pucuk Harum meraih predikat Top Brand kategori teh dalam kemasan siap minum dalam 5 tahun terakhir. Beradaptasi dengan tren  sangat penting bagi perusahaan minuman kemasan karena budaya makan dan minum di Indonesia yang terus menerus berubah. Untuk itu setiap perusahaan yang ingin memenangkan persaingan harus berinovasi menghasilkan produk yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga konsumen merasa puas dan dapat melakukan keputusan pembelian produk.

Keywords

Brand Image, Harga, Iklan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References

Aeni, N. M. E. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Brand Trust. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4, 377–386. https://doi.org/https://doi.org/10.3677 8/jesya.v4i1.331

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.

Clara Tekege, A., Anggarawati, S., Agung Eka Suwarnata, A., Jl Sholeh Iskandar Km, B. K., & Sareal-Bogor, T. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum (Studi Kasus Di Universitas Nusa Bangsa) (Factors That Influence The Behavior Of Consumer Behavior In Purchasing Decision Teh Pucuk Harum (Case Studi At The Nusa Bangsa University)). Journal of Agribusiness and Agrotechnology, 1(2).

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fatmaningrum, R. S., & et al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi , 4(1), 1–13. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/270

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware TOTO Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 7(1), 441-469.

Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kementrian Kesehatan 2022. (n.d.). Retrieved from https://yankes.kemkes.go.id/

Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom: Pearson

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325

Prihartono, R. M. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=ANALISIS KOMPARATIF PENGUKURAN KINERJA ENTITAS SYARIAH DENGAN BALANCE SCORECARD DAN MASLAHAH SCORECARD

Sheikh Qazzafi. (2019). Consumer Buying Decision Process. BizFluent, 2(5), 130–133. https://bizfluent.com/how-does-5438201-consumer-buying-decision-process.html

Sutiyono, R., & Baruna Hadibrata. (2020). The Effect Of Prices, Brand Images, And After Sales Service Reinforced Bar Steel Products On Consumer Purchasing Decisions Of Pt. Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 1(6). https://doi.org/10.31933/dijemss.v1i6.471

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(021), 113–123.

Top Brand Index. www.topbrand-award.com. Diakses pada tanggal 13 Februari 2023 pukul 16.17 WIB

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal, 2(1), 472–481.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.