Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Setelah Era New Normal

Marcel Valentino Maresyembun

Abstract

Pada saat pandemi dan atau era new normal kebanyakan orang mulai dari anak muda hingga dewasa gencar melakukan belanja online melalui beberapa platform e-commerce hal ini terjadi karna pada saat pandemi di berlakukannya kebijakan PSBB (Pembatasan sosial berskala besar) sebagai upaya dari pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Karna di berlakukannya PSBB tersebut, banyak toko baik di pasar atau mall di tutup sehingga, banyak orang mau tidak mau harus memenuhi kebutuhannya dengan melakukan belanja secara online demi kelangsungan kebutuhan saat PSBB. Penelitian ini di lakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan shopee setelah era new normal. Dari populasi masyarakat Indonesia yang pernah memakai aplikasi shopee, di ambil mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas sebagai populasi dan 100 orang sebagai sampel. Dari penelitian terdahulu, mengatakan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari data yang sudah di kumpulkan, data tersebut lalu di olah dan di uji validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan setelah era new normal. Variabel kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 56,7% terhadap kepuasan pelanggan.

 

Keywords

Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References

K. Arisanti, A. Santoso, S. W. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan Pt Rembaka. Agora, 7(1), 101–118. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8153

Lumban, A., Kadarisman, G., & Sunarti, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Tahun Akademik 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 38(1).

Maharani, S., Bernard, M., Pendidikan Matematika dan Sains, F., & Siliwangi Bandung, I. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819–826. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I5.P819-826

Moedjiono, M. (2016). Cloud Computing : Gelombang Informatisasi Layanan Dunia Bisnis Masa Depan. Telematika MKOM, 2(2), 79–87. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/telematika/article/view/165

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265–289. https://doi.org/10.19166/DEREMA.V11I2.197

Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679–686. https://doi.org/10.24176/SIMET.V8I2.1574

Repi. P.M, Mangindaan. V, K. D. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Siap Saji di KFC Tomohon. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(2), 2013–2015. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/34253

Sabda, O. C., & Mediti, P. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290–1300. https://doi.org/10.26740/JIM.V8N4.P1290-1300

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan & Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Dikota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2). https://doi.org/10.37531/BIEMR.V1I2.102

Yuliyana, W., & Febriyani, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tarif Terhadap Minat Beli Penumpang Bus Damri Unit Angkutan Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.37058/JEM.V4I1.691

Zanualita Wulandari. (2020, August 6). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Marketplace Shopee) | Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis. Http://Jurnal.Untag-Sby.Ac.Id/. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/adbis/article/view/4062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.