Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Pada Hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah yang berkaitan dengan judul penelitian yaitu seluruh karyawan yang bekerja pada Hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 10 orang. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode pilihan tertentu yang memiliki criteria sesuai dengan fenomena yang diteliti (purposive sampling). Variabel Bebas (Independent) dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang tediri dari produk, harga, tempat dan promosi. Variabel Terikat (Dependent) dalam penelitian ini adalah meningkatkan jumlah penjualan. Hasil wawancara yang penulis lakukan terhadap responden yang berjumlah 2 orang sampel yang tekait dengan judul penelitian, diketahui bahwa jawaban-jawaban responden terhadap variabel-variabel penelitian memiliki pengaruh yang kuat terhadap peningkatan jumlah pelanggan, dengan demikian variabel produk, Â harga, tempat dan promosi menjadi variabel penentu dalam strategi pemasaran hotel yang harus ditingkatkan sehinggan hotel grand nagan menjadi hotel nomor satu pilihan bagi seluruh masyarakat baik didalam daerah maupun diluar daerah. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara dengan pimpinan dan manejer hotel dari jawaban yang diberikan dari keseluruhan variabel keseluruhan variabel bahwa strategi produk, harga, tempat dan promosi dapat mempengaruhi peningkatan jumlah pelanggan pada hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya maka penulis menyimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alex S, Nitisimito. 2000. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ali Hasan. 2009. Marketing. Yogyakarta: Medpress.
Amir, M. 2005. Dinamika Pemasaran. Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Lincolin. 2005. Ekonomi Pembangunan. Edisi ke Empat. Yogyakarta: BPSTIE YKPN.
Assauri, Sofyan. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo
Boyd Jr, Harper W, dkk. 2000. Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. edisi kedua, jilid satu, Jakarta: Erlangga.
Effendi, Ridwan. 2010. Pendidikan Lingkungan, Sosial, Budaya, dan. Teknologi. Bandung: CV. Maulana Media Grafika.
Fahrurroji. 2013. Total Quality Management In Education. Yogyakarta: IRC.
George, E, Belch, dan Michael A, Belch. 2007. Advertising and Promotion Fifth edition. New York: Hill Company.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Joseph, F, Hair, et, al. 2000. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo.
Kertajaya, Hermawan. 2002. On Marketing Mix. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler Philip dan Gary Amstrong. 2000. Principle of Marketing. Edisi Terjemahan Eddy Herjanto. Jakarta : PT. Prenhallindo.
Kotler Philip. 2000. Management Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Erlangga.
Lamb, Hair. 2001. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Payne, Andrian. 2000. Service Marketing Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Andi.
Porter E. Michael. 2001. Strategi Bersaing, Teknik Menganalisa industri dan Pesaing. Jakarta: Bumi Aksara.
Putong, Iskandar. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rosyidi. 2009. Mikro Ekonomi, Teori Permintaan. Jakarta: Erlangga.
Schiffman Leon G dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Setiawati. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Devidend Per Share (DPS) Pada Perusahaan Manfaktur Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi Jurusan Manajemen. Makassar: Univesritas Hasanuddin.
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Swastha, Basu, DH. Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swastha, Basu. 2001. Manajemen Pemasaran Analisa Prilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Thamrin, Abdullah. 2003. Manajemen Produksi dan Industri Kecil. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tjiptono, Fandi. 2007. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy, dkk. 2002, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset.
Vincent, Gaspersz. 2008. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia.
William, Dun N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta:Gajah Mada University.
Refbacks
- There are currently no refbacks.