Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan

Zaenal Muttaqin, Luluh Abdilah Kurniawan

Abstract

Karyawan adalah unsur terpenting dari suatu organisasi atau instansi dalam menciptakan kelangsungan dan keberhasilan pencapaian visi dan misi serta tujuan instansi. Bagi perusahaan adanya disiplin kerja akan menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas sehingga diperoleh hasil yang optimal dan target perusahaan akan tercapai. Keberhasilan  dalam  menentukan  kompensasi  yang  layak  akan  menentukan  bagaimana kualitas  SDM  dalam  bekerja,  yang  secara  langsung  akan  berkaitan  dengan  efektivitas  tujuan pegawai dan efisiensi anggaran organisasi, serta akan menentukan bagaimana keberlangsungan hidup  organisasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan, (2) kompensasi terhadap kinerja pegawai pada PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan, (3) disiplin kerja dan kompensasi terhadap kinerja pegawai pada PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan, (4) manakah variabel yang paling dominan terhadap kinerja pegawai pada PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan yang berjumlah 57 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji instrumennya. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) disiplin kerja tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai pada PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan; (2) kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan; (3) displin kerja dan kompensasi secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai pada PPNPN di Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan. dan (4) kompensasi sebagai variabel dominan yang mempengaruhi kinerja pegawai.

Keywords

Disiplin Kerja, Kompensasi, dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta:

Penerbit Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Aromega, Tanod Nanda., Kojo, Christoffel., Lengkong, Victor P.K. 2019. Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Yuta Hotel Manado. Jurnal EMBA. 7 (1), 741-750.

Asnawi., Masyhuri. 2009. Metode Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN Malang Press.

Dhermawan, Arif., Pratama, Marynta Putri. 2020. Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja, dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Rumah Sakit Aisyiyah Purworejo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntasi. 2 (4), 537-545.

Enny, Mahmudah. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya:

UBHARA Manajemen Press dan Universitas Bhayangkara Surabaya.

Farisi, Salman., Irnawati, Juli., Fahmi, Muhammad. 2020. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Humaniora. 4 (1), 15-33.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu S P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi

Aksara.

Hasibuan, Malayu S P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Istijanto. 2008. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia.

Jalil, Prayogi Abd. 2018. Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Candana Putra Nusantara. Jurnal Manajemen Bisnis. 8 (1), 47-56.

Komala, Tia. 2019. Pengaruh Kemampuan Kerja, Disiplin Kerja, dan Beban Kerja

Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Sopir Bus di PT. Primajasa

Bandung. (Skripsi). Universitas Pasundan.

Kuncoro, Mudrajat. 2007. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis

dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kustanto, Devit Ardi., Harsoyo, Titik Desi. 2019. Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Fisik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jasa Indonesia Regional Yogyakarta. Journal of Management and Business. 2 (1), 217-225.

Lappung, Merianti., Echdar, Saban., Maryadi. 2020. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara di Sekretariat DPRD Kabupaten Malang. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia. 1 (1), 136-146.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martinus, Martinus., Budiyanto. 2016. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Devina Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5 (1), 1-15.

Masram., Mu’ah. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Zifatama Publisher.

Mondy, R. W. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Cetakan Keempat. Yogyakarta: Penerbit Gajah Mada University

Press.

Purwoko, Bambang Pujo., Saputra, Rian. 2019. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Telefast Indonesia. The Asia Pacific Journal of Management. 6 (2), 85-96.

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari

Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal., Sagala, E J. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal., Sagala, E J. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Simamora, H. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian

Penerbitan STIE.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Achmad Sani., Maharani, Vivin. 2013. Metode Penelitian Sumber

Daya Manusia Teori, Kuisoner, dan Analisis Data. Malang: UIN-Malang Press.

Tohardi, Ahmad. 2022. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju.

Tyas, Rima Dwining,. Bambang S S. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap).

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama: Jakarta

Salemba Empat.

Wulandari, Ni Ketut Tista., Mendra, I Wayan., Harwathy, Tjok Istri . 2021. Pengaruh Stres, Disiplin, dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan The Pad Bar & Grill Legian Bali. VALUES. 2 (2), 521-536.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.