Analisis Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Behavioristik di MI Sunan Giri Tlogo Sari Kota Malang

Miftahul Huda

Abstract

Menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didik sangat penting dilakukan bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut dibutuhkan untuk membentuk karakter peserta didik yang lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kiat-kiat penanaman pendidikan karakter di sekolah melalui pendekatan behavioristik. Penelitian ini dilakukan  melalui metode observasi dan wawancara di MI Sunan Giri Tlogo Sari, Lowokwaru Kota Malang. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yaitu kepala sekolah, 1 guru bagian kesiswaan, 1 guru kelas, 2 guru mata pelajaran umum, dan 2 orang peserta didik. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pendekatan behavioristik melalui sistem Reward, Punishment, dan Modelling sangat efektif dalam menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didik di MI Sunan Giri Tlogo Sari, Lowokwaru, Kota Malang. 

Keywords

Analisis, Pendidikan Karakter, Pendekatan Behavioristik.

Full Text:

PDF

References

Arifudin, I. S. (2015). Peranan Guru terhadap Pendidikan Karakter Siswa di Kelas V SDN 1 Siluman. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (2).

Azis. (2016). Reward-Punishment Sebagai Motivasi Pendidikan (Perspektif Barat dan Islam). Jurnal Cendekia. 14 (2).

Ahmad, S. S. (2016). Aplikasi Behaviorisme Dalam Pembelajaran Anak Untuk Menciptakan Generasi Berkarakter. Jurnal Nizhamiyah. 1(2).

Arifin. (2017). Membangun Karakter Siswa Sebagai Kontribusi Terhadap Karakter Bangsa Melalui Pendekatan Psikologis. Jurnal Edukasi Sebelas April. 1(1).

Hermino, Agustino. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Psikologis Siswa Sekolah Menengah Pertama di Era Globalisasi Dan Multikultural. Jurnal Peradaban. 8 (19-40).

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [online] tersedia : http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf. Diakses 14 November 2020.

Silvi, A., Joko, S., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha. 7 (3).

Sigit, Sanyata . Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Konseling. Jurnal Paradigma. No. 14 Th. VII, Juli 2012. ISSN 1907-297X

Refbacks

  • There are currently no refbacks.