Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Perusahaan Jasa di Jakarta Utara

Haria Saputri, Ujang Kusnaedi, Yandi Asmana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kualitas Laporan Keuangan Perusahaan di Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu, metode yang didasarkan pada data yang ada pada masa sekarang atau penyelidikan yang bertujuan pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang.Menggunakan metode deskriptif karena dalam melakukan penelitian dibutuhkan data yang relevan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan dapat tercapai sesuai dengan kegunaan tertentu.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Penelitian pustaka dilakukan dengan mengkaji buku-buku dan macam media penulisan lainnya yang ilmiah, dimaksudkan untuk menambah referensi pendukung tentang teori-teori ilmiah yang dapat berkaitan dengan topik penelitian dalam rangka penyusunan laporan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan perusahaan.

Keywords

Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan, Perusahaan

Full Text:

PDF

References

Mutiara, Y. (2018). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada PT. PP (Persero) Tbk. Proyek Pelabuhan Sibolga. Skripsi.

Chairina, F., & Wehartaty, T. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Bpkpd Kota Surabaya. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 11(1), 31–39.

Almumtahanah, dan S. (2019). JURNAL AKUNTANSI, Vol. 8, No. 2, November (2019). 8(2), 146–154.

Ulfa, M. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Skpd Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.

García Reyes, L. E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Perusahaan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.