Pengembangan E-Book Berbasis Android Pada Materi Jamur

Mahrawi M, Indria Wahyuni, Anis Nurul Ambiya, Hendro Pramono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis android sebagai sumber belajar pada materi jamur, untuk mengetahui kelayakan, serta mengetahui respon siswa terhadap e-book berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D (define, desain, develop). Penelitian ini dilakukan di SMAN 17 Kabupaten Tangerang dengan populasi 15 siswa kelas X. Adapun teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket untuk menguji kelayakan dari e-book yang sudah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book berbasis android pada materi jamur untuk siswa SMA kelas X sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan perolehan presentase nilai sebesar 97,5% dari uji ahli materi dan nilai sebesar 83% dari uji ahli media. Kedua nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil dari uji respon siswa memperoleh nilai sebesar 81,3% yang termasuk dalam kategori sangat layak.

 

Keywords

Android, E-book, Materi Jamur, R&D

Full Text:

PDF

References

Dewi, D. R., & Rohayati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 01(01), 0–216.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21, 2, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977/2799

Lubis, D. A., Hasairin, A., & Rengkap, R. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X IPA SMA N 1 BATANG KUIS. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i3.8868

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, Y. F., & Sumbawati, S. M. (2017). Pengembangan Aplikasi Buku Saku Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Hukum Kesehatan Akademi Farmasi Surabaya. Jurnal IT-EDU, 2(2), 87-94.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi android pada Pembelajaran Taeks Eksposisi. Jurnal diksi, 29(2), 205-216

Rodhiah, S. A., & Roza, L. (2020). Hasil Analisis Kebutuhan Pengembangan Ebook Berbasis Multipel Representasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1), 143–149.

Ruddamayanti, R. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang,, 2, 364–370.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulviana., Hala, Y., & Daniel, M. (2019). Penerapan Media Buku Elektronik Biologi untuk Meningkatkan Motivasi Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Siswa XI IPA SMAN 5 Sidrap. THESIS. Universitas Negeri Makassar.

Syafruddin, S. (2019). Pengembangan Digital Book Berbasis Android Untuk Menstimulus Psikomotorik Siswa. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 8. https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.