Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Menggunakan Media Kantong Budaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninfkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN Ngijo 01 Kecamatan Gunungpati kota Semarang Jenis peneitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 5 siklus. Setiap siklus tersebut meliputi tahap perencnaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas IV SDN Ngijo 01 Semarang yang berjumlah 28 peserta didik terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 48 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes dan observasi. Instrumen-instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Data tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan data yang yang berupa hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang dicapai peserta didik maupun guru dalam penelitian ini dilihat dari adanya perubahan kearah perbaikan dan meningkatkannya hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media kantong budaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini terlihat dari presentase nilai peserta didik yang prasiklus mencapai ketercapaian 39,28% tingkat ketuntasan secara klasikal yaitu 11 dari 28 peserta. Pada siklus I 42,85% ketuntasan klasikal, siklus II 50% ketuntasan klasikal, siklus III 53,57% ketuntasan klasikal, siklus IV 75% ketuntasan klasikal, siklus V 96,42% ketuntasan klasikal. Dikarenakan peningkatan hasil belajar peserta didik dari sudah memenuhi target 85% sehingga siklus berakhir pada siklus V. Peserta didik menunjukkan kemampuannya dalam berpikir kreatif yang dilihat dari jawaban yang diberikan sangat bervariasi, meningkatnya hasil belajar dalam setiap siklus dan juga penggunaan pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu peserta didik dalam belajar. Penggunakan media pohon pintar juga dapat membantu peserta didik untuk belajar secara bermakna dengan berbantuan media kantong budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminuriyah siti, dkk. 2022. Pembelajaran Berdifferensiasi : Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. Vol.9 No.2
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Camelia. 2016. Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Participation Skills Siswa pada Pelajaran PKn Kelas V, SDN Karanggondang, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-5 2016.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Febrianto Budi, dkk. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No 2
Hadi Wisman, dkk. 2022. Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 11, No.1
Handayani Anik, Koeswanti Henny Dewi. 2021. Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 3.
Hotimah, Husnul. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi. No. 3 Vol. 7.
Kono, Rahmad, Hartono D Mamu, dan Lilies N Tangge. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa tentang Ekosistem dan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. No. 1 Vol. 5
Krismayanti, Widya dan Mansurdin. 2020. Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. No. 7 Vol 8
Kurino Yeni Dewi. 2020. Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia Volume 3 No 1.
Liatiyani Ivayuni. 2022. Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Brain Based Learning. Geodukation Volume 3 Nomor 2
Noris Rezeki, dkk. 2022. Implementasi pembelajaran Berdiferensiasi untuk meningkatkan kemapuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Multi Disiplin Ilmu.
Pane Rezeki Noris, dkk. 2022. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Multidisiplin Ilmu Volume 1, No. 03
Prasetyo, Fajar & Firosalia Kristin. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. No. 1 Vol. 7
Pratiwi, Indah. 2019. Efek Program PISA terhadap Kurikulum Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 4 (1): 51-71. Doi 10.24832/jpnk: V4/1.1157
Priambudi, Ardian. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. 7 (2): 189-196
Rahayu Nindi Sri. 2023. Differentiated learning and mathematical creative thinking: The use of Vos Viewer in literature mapping bibliometric analysis. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 11(1)
Sadiman, Arief S, dkk. 2014. Media Pendidikan, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sarien Novita Fitria. 2022. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Tunas Nusantara. Volume 4 Nomor 2
Siswono Tatag Yuli Eko. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains No. 1 ISSN 1410-1866, hal 1-9.
Sopianti Dewi. 2022. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi Di Sman 5 Garut. Journal of Music Education Vol. 1 No. 1
Suginem. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi Vol.3, No.1
Susilowati, D. (2018).Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran.Edunomika.2(1),36-46.
Suwartiningsih. 2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Volume 1, nomor 2
Syarifudin dan Nurmi, 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matemaika dan IPA Volume 2, nomor 2
Vol 1
Wahyuni Ayu Sri, dkk. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan MIPA Volume 13. Nomor 1
Wahyuning Sari, dkk. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan.
Wardani Nur Rahmah, dkk. 2021. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan model pembelajaran JUCAMA. Jurnal Analisa Vol 7 No (1)
Yuafian, Reza & Suhandi Astuti. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. No. 3
Refbacks
- There are currently no refbacks.