Penerapan Model PJBL Berbantuan Lapbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Bendan Ngisor

Endah Retnowati, Nursiwi Nugraheni, Lukluk Nur Azizah

Abstract

Pembelajaran IPS memiliki tujuan mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar peserta didik dalam kehidupan bersosial. Pelaksanaan pembelajaran yang ideal harus menyenangkan . Berdasarkan hasil refleksi ditemukan permasalahan terhadap pembelajaran IPS yaitu hasil belajar IPS yang masih rendah. Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengetahui penerapan model Project-Based Learning berbantuan media lapbook untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Bendan Ngisor. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SD Negeri Bendan Ngisor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Project Based learning berbantuan media Lapbook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ketuntasan klasikal yang diperoleh pada pra siklus sebesar 28% dan meningkat pada siklus I sebesar 52%. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus II meningkat sebesar 84%. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu minimal 80%.

Keywords

Hasil Belajar, IPS, Lapbook, Project Based Learning.

Full Text:

PDF

References

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Antosa, Z., & Lazim, N. (2020). Scientific Approach Resilience in Elementary School Through Development of Lapbook Learning Media. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(1), 01-10.

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88-97.

Aureliya, T., Zulfan, Z., & Kesuma, T. B. (2022). Pengaruh Media Lapbook terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSS Darul Hikmah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(4), 228-235.

Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019/2020. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41-50.

Dewi, C., & Rohmanurmeta, F. M. R. (2019). Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar.

Dewi, C., & Rohmanurmeta, F. M. R. (2019). Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1-8.

Kristiyanto, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL) Siswa Kelas IV SDN 1 Jlarem Kec. Gladagsari (Doctoral dissertation).

Muttaqien, M. D., & Sa’adah, N. A. (2023). Media Pembelajaran Lapbook: Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 61-75.

Monica, S., & Hadiwinarto, H. (2021). Pengaruh Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuklinggau. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 12-23.

Nasution, E. M., Suci, F. P., & Rafiq, M. (2022). Penerapan Ruang Lingkup Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 188-193.

Nawangsari, A., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Brengosan 2 menggunakan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1232-1239.

Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan antara aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1).

Pratama, I. P. A., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2).

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 119-131.

Sucipto, H. (2017). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 1(1), 77-86.

Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Project Based Learning Kelas IV SDIT Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105-109.

Sularmi, Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 475–479

Syahrina, S. N. (2021). Pengaruh Media Lapbook Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101899 Lubuk Pakam. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 44-52.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui video pada pembelajaran PKN di sekolah paket c. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.

Triantoro, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 13-22.

Umar, M. A. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dalam Materi Ekologi. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2).

Widiastutik, D., Fajriyah, K., Purnamasari, V., & Raharjo, S. (2023). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4090-4096.

Wulandari, R., Mustadi, A., & Rahayuningsih, Y. (2021). Pengaruh project based learning berbantuan lapbook terhadap keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(2), 300-308.

Zairul Antosa, L. N. (2020). Scientific Approach Resilience in Elementary School Through Development of Lapbook Learning Media. 4, 179–189.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.