Mutu Layanan Pendidikan di Indonesia Dalam Kajian Teoritis dan Literatur Review
Abstract
Dalam penelitian ini penulis melakukan kajian pustaka untuk melihat kajian teoritis tentang mutu pendidikan, selain dari itu penulis juga melakukan kajian loiteratur review untuk melihat pengaruh mutu atau kualitas pendidikan terhadap kepuasan dan hasil belajar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menemukan format teroritis tentang mutu pendidikan, dan juga melihat kasus-kasus dari penelitian terdahulu tentang mutu pendidikan di Indonesia berdasarkan teori-teori tentang mutu pendidikan. Sudah menjadi maklum bahwa untuk menilai sesuatu maka digunakan indikator-indikator tertentu sebagai parameter. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber utama data alam penelitian ini adalah data pustaka. Dalam penelitian kualitatif, proses analisis data dimulai saat peneliti mengumpulkan data, kemudian data-data tersebut di reduksi dan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Mutu di bidang pendidikan meliputi mutu input, proses, output, dan outcome. Input pendidikan dinyatakan bermutu jika siap berperoses. Proses pendidikan bermutu apabila mampu menciptakan suasana yang PAKEM (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan). Output dinyatakan bermutu apabila hasil belajar akademik dan nonakademik siswa tinggi. Outcome dinyatakan bermutu apabila lulusan cepat terserap di dunia kerja, gaji wajar, semua pihak mengakui kehebatannya lulusannya dan merasa puas. Mutu dalam konteks manajemen mutu terpadu atau Total Quality Management (TQM) bukan hanya merupakan suatu gagasan, melainkan suatu filosofi dan metodologi dalam membantu lembaga untuk mengelola perubahan secara totalitas dan sistematik, melalui perubahan nilai, visi, misi, dan tujuan. Karena dalam dunia pendidikan mutu lulusan suatu sekolah dinilai berdasarkan kesesuaian kemampuan yang dimilikinya dengan tujuan yang ditetapkan dalam kurikulum. Selain itu Dari urain kajian terdahulu tersebut didapatkan bahwa mutu pelayanan pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan dan hasil belajar. Dalam penelitian Nyoman, U. Maman Rubaman, Desitasari, Puspo Dewi Dirgantari, Ros Endah dan Gilang disebutkan bahwa kualitas dan mutu layanan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta didik.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhari,A., Supervisi Rencana Program Pembelajaran, Jakarta: Rian Putra,2004. Akdon, Aplikasi Statistika,Prosedur Penelitian untuk Adminsitrasi Manajemen, Bandung : Dewa Ruchi, 2004..
Charles Hoy,dkk, Improving Quality in Education, London: Kogan Page, 2000. Darmanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006.
Depdiknas, Kamus Besar Indonesia, Jakarta:Pusat Bahasa,2008 Direktorat Tenaga Kependidikan, Supervisi Akademik dalam Peningkatan ProfesionalGuru, Jakarta : Ditjen PMPTK, 2006.
Forcese,P., Stephen Richer, Soocial Research Methods,(New Jersey: Prentice h. L inc Englowood Cliffs, 1973.
Gilang Gumilang Dawous, Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Layanan Sarana dan Prasarana Diklat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Geologi Bandung, ( Jurnal Adminisistrasi dan Manajemen Pendidikan Vol.I Desember 2013.
I Nyoman Rinala, I Made Yudana, I Nyoman Natajaya, Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, (e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan) Volume 4 Tahun 2013
Muhamad.A, Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2001, Cet.4 Nasanius,Y. Kemerosotan Pendidikan Kita, Guru dan Siswa yang berperan besar bukan Kurikulum SuarA Pembaharuan (Online) http://www.suarapembaharuan. com/ news/ 081998/08Opin
Pidarta,M., Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Surabaya: Sarana Press,1986.
Puspo Dewi Dirgantari, Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan Tinggi Negeri (dalam ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/download/1039/692).
Rohani, A., Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah,Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Ros Endah Happy Patriyani, Addi Mardi Harnanto, E. Prihantini, Mutu Layanan Jasa Pendidikan Berdasarkan Perspektif Mahasiswa. (Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, Jilid 3, Mei 2013).
Rosyada, R.,Paradikma Pendidikan Demokratis. Jakarta : Prenada Media, Dennis
Soetopo,H., Pendidikan dan Pembelajaran, Malang: UMM Malang, 2005. Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1988.
Suderadjat,H., Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung : Cipta Lekas Garafika, 2005
U. Maman Rubaman, Mengukur Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Pendidikan, (Jurnal Madani Edisi I/Mei 2008)
Zamroni. Meningkatkan Mutu Sekolah, Jakarta : PSAP Muhamadiyah, 2007.