Pengaruh Kualitas Produk dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Kepuasan Konsumen Online Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Victory Sorong)

Kharisma K. Putri, Delia I.M. Nainggolan, Reinhard A. Rasubala

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan pengalaman berbelanja terhadap kepuasan konsumen online shopee (studi pada mahasiswa prodi Manajemen Universitas Victory Sorong). Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui observasi dan pembagian kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 responden dan mereka adalah mahasiswa dari prodi manajemen Universitas Victory Sorong. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji normalitas data, uji hoipotesis T dan F dengan bantuan program aplikasi komputer IMB SPSS 23. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan pengalaman berbelanja berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Victory Sorong.

Keywords

Kualitas Produk, Pengalaman Berbelanja, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References

Agustina, A., & Julitriarsa, D. (2022). Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Kepuasan Konsumen terhadap Niat Beli Ulang pada Pembelian Produkskincare di E-Commerce Shopee. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 290.

Hartadi, N., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Tanjung Uncang di Kota Batam. Jurnal EMBA, 8(3), 35.

Khoiri, M. (2022). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11 No. 1 Juli 2022. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 543.

Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 17.

Raharjo, R. (2022). Analisis Implementasi Marketplace dan Digital Payment pada Belanja APBN untuk Memberdayakan UMKM. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(3), 28.

Ratna, R., & Nurdin, H. (2021). ANALISIS PENGALAMAN BERBELANJA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELI PADA MARKETPLACE SHOPEE. JURNAL CAPITAL: Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(2), 101-115.

Rizky Dwijantoro, B. D. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis ,17(1), 66.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127-146.

Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Go-Jek). Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 69.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.