Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Paket B Sinar Baru Timika Papua

Johanis Pao Ali

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian “ex-post facto†yang bersifat korelasional, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa Paket B Sinar Baru TIMIKA PAPUA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Sampel penelitian adalah siswa kelas Paket B Sinar Baru TIMIKA PAPUA yang terdiri dari 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil analisis statistik deskriptif menyimpulkan bahwa Tingkat kecerdasan emosional siswa Paket B Sinar Baru dikategorikan tinggi (46,43%) dari skor tertinggi sebesar 190, skor terendah sebesar 120, rata-rata sebesar 152,712, dan standar deviasinya sebesar 17,95, skor idealnya adalah (40-200). Hasil belajar matematika siswa Paket B Sinar Baru dikategorikan tinggi (53,57%) dari skor tertinggi sebesar 93, skor terendah sebesar 64, rata-rata sebesar 81,82, dan standar deviasinya sebesar 7,991, skor idealnya adalah (0-100). Pada taraf signifikansi 0,05; tingkat kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas Paket B Sinar Baru, Dengan koefisien determinasi R2 = 89,8% dan persamaan regresinya adalah Y = 20,759 + 0,4X.

Keywords

Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References

Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelegence, Kecerdasan Emosional “Mengapa EI Lebih Penting dari IQâ€. Terjemahan oleh T Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Musfiqon. 2012.Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Yapono, Farid & Suharnan. 2013. Konsep-Diri, Kecerdasan Emosi Dan Efikasi Diri. Jurnal Psikologi Indonesia.Vol.02, No,03.

Munib, Achmad. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan (edisi ke delapan). Semarang: Unnes Press.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantun Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yokyakarta: Pustaka Belajar

Wiranataputra, dkk. 2012.strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.