Strategi Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Maulina Sari, Mia Audina Naibaho, Putri Mulianda Hasibuan, Tengku Lailan Khairuni

Abstract

Banyaknya persaingan di dunia pendidikan di Indonesia menuntut lembaga pendidikan memiliki nilai tambah untuk dipilih dan dipercaya oleh masyarakat. Nilai tambah dapat di terapkan sebagai kualitas pendidikan dimana lembaga pendidikan memberikan jaminan kepuasan masyarakat sebagai konsumen. Lembaga pendidikan harus dibangun dengan budaya organisasi yang memberikan kekuatan untuk pelaksanaan proses kualitas pendidikan. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Artikel ini bertujuan menjelaskan terkait topik strategi budaya organisasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi budaya organisasi dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah (a) Bentuk strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah di MIS Al-Ihsan Mabar (2) Dampak penerapan strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui Budaya Sekolah di MIS Al-Ihsan Mabar. Kultur organisasi akan mempengaruhi individu-individu dan proses organisasi, sehingga budaya akan memunculkan tekanan pada orang-orang dalam organisasi untuk berpikir dan bertindak dengan cara yang konsisten dengan budaya yang ada. Budaya organisasi lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh perilaku kepemimpinan. Perilaku kepemimpinan yang baik akan mampu menciptakan budaya organisasi yang kondusif.

Keywords

Strategi, Budaya Organisasi, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References

Ara Hidayat dan Imam Machali,2012. Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekola dan Madrasah, (Yogyakarta: Kaukaba)

Hadikusumo, Dirto dkk (1995), Pengantar pendidikan , FIP-IKIP ,Yogyakarta.

Mastuhu (2003), Menata Ulang Pemikiran System Pendidikan Nasional,Safiria Insani Press, Jakarta.

Mulyana, Deddy (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sagala, Syaiful (2008), Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Syam, Nur. (2011), “Membangun Kultur Sekolahâ€, http://www.psb-psma.org/ content/blog/ 3460-membangunkultur-sekolah. Diunduh 12 juni 2017. Syam. Nur. (2011), “Membangun Kultur Sekolahâ€, http://www.psbpsma.org/content/blog/3460membangun-kultur-sekolah Diunduh 12 juni 2017.

Sudarwan Danim,2007, Visi Baru Manajemen Sekolah. (Jakarta: Bumi Aksara)

Tika, Moh. Pabundu (2006), Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.