Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Wifi Biznet di Kota Palembang

Wilsen Effendy

Abstract

The purpose of this study is related to the phenomenon of the influence of service quality and product quality on customer satisfaction of Biznet wifi users using quantitative methods that are causality. The population in this study is Biznet wifi users in Palembang. The sample set in this study uses the purposive sample method where those who have criteria for filling out questionnaires with the criteria of being domiciled in the city of Palembang and using wifi biznet. Multiple regression analysis uses spss used in this study as a tool to process and test data. The results of this study show that service quality and product quality affect customer satisfaction.

Keywords

service quality, product quality, customer satisfaction

Full Text:

PDF

References

Ariyanto, A., Ivantan, I., & Purwanti, P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak pada Loyalitas Pelanggan Pemakai Paket Data Internet Indosat Ooredoo (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 668–678.

Astuti, D. S., & Lutfi, M. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(2), 132–144.

Edi, H., & Anugrah, P. A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Effendi, T., Maharani, S., & Permanasari, L. (2023). Pentingnya kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan indihome banjarmasin. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 23(1), 15–23.

Engelka, L., & Kartika, L. N. (2023). Analisis pengaruh kualitas produk,kualitas layanan, dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen wifi indihome di daerah Istimewa yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 103–114.

Erlangga, J., & Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi.

Fauzan, R., Daga, R., Sudirjo, F., Soputra, J. H., Waworuntu, A., Widarman, A., & Risakotta, T. K. (2023). Produk dan Merek. Global Eksekutif Teknologi.

Fuadi, S., & Wijayanti, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Indihome pada PT. Telkom Metro. Kalianda Halok Gagas, 4(2), 144–157.

Haryeni, H., Agus, T., & Yendra, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Tri. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 1(3), 18–27.

Hendrianto, H., Natalisa, D., & Eka, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mobile Broadband Di Kota Palembang. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(1), 43–63.

Ilham, Y., & Dirgantara, I. M. B. (2020). Analisis pengaruh kualitas jaringan, kualitas layanan, kualitas informasi, keamanan dan privasi pada penyedia layanan internet terhadap kepuasan pelanggan dan dampak pada niat pembelian ulang. Diponegoro Journal of Management, 9(4).

Khoirunnisa, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 672–680.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management, edisi ke-15e. Penerbit: Pearson.

Kusuma, A. A. N. A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan konsumen di naughty nuri’s warung seminyak: The effect of service and product quality on consumer satisfaction at naughty nuri’s warung seminyak. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(8), 2103–2118.

Maulidah, I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di rumah makan ayam goreng nelongso jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 26–29.

Nugroho, N. T. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survey pada pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta). Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 12(02), 115570.

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggam. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Rahayu, S. R., Latief, F., & Asbara, N. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Layanan Indihome Di Makassar. Nobel Management Review, 2(3), 370–380.

Rahayu, Y. M., Budiyono, R., & Rachmawati, M. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk,kualitas pelayanan, dan customer value terhadap kepuasan pelanggan indihome di pt telkom semarang. JURNAL CAPITAL: Kebijakan Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 20–29.

Rahmawati, A. N., & Susilowati, L. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan IndiHome di STO Injoko Witel Surabaya Selatan). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politik (JSEP), 2(3).

Syahmi, M. R. F., Colia, R. S., & Warman, E. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Seluler Telkomsel Melalui Kepuasan Pelanggan. Prosiding SENAPENMAS, 1219–1230.

Syahwi, M., & Pantawis, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(2), 150–163.

Utami, A. A., & Gunadi, W. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Indihome Fiber Di Daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1).

Widodo, J., & Zulianto, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar Simpati Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Angkatan 2015-2017). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 166–170.

Zagladi, L., & Syahputra, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Iconnet Bandung. Economics and Digital Business Review, 3(2), 89–105.

Zahrah, F. N., Indrawati, I., & Djatmiko, T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Bandung. EProceedings of Management, 4(3).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.