Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Kontekstual dan Karakter Pada Materi Hak dan Kewajiban Anak Kelas IV di Sekolah Dasar

Akhadiyah Dwi Kusumaningtyas, Suyoto Suyoto, Nur Ngazizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui prosedur mengembangkan media pembelajaran scrapbook berbasis kontektual dan karakter materi hak dan kewajiban anak untuk kelas IV Sekolah Dasar. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook berbasis kontektual dan karakter materi hak dan kewajiban anak untuk kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Wirun yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini mengacu pada model ADDIEyang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu: AnalysisDesignDevelopment,Implementation dan Evaluation . Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, lembarobservasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian pengembangan media pembelajaran scrapbook menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 (Lima) tahapan yaitu AnalysisDesign, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Kelayakan media pembelajaran scrapbook pada aspek kelayakan dari ahli media 96,6% dan ahli materi 93,75% dengan kategori sangat layak. Pada aspek kepraktisan dari hasil respon peserta didik saat uji coba terbatasmendapat 100%, uji coba lebih luas mendapat 99,6%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 oleh observer I dan II mendapat 93,3%, dan pada pertemuan II oleh observer I dan II mendapat 100% dengan kriteria sangat praktis. Aspek keefektifan dari hasil tes peserta didik mendapat92% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan dari hasil kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan maka media pembelajaran scrapbook berbasis konteksstual dan karakter dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Keywords

Karakter, Kontekstual dan Media Pembelajaran Scrapbook

Full Text:

PDF

References

Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Syntak Admiration, Vol 1(5), Hal 468-478.

Andhini, A. S. D., & Arifin, R. (2019). Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Tindak Kekerasan Pada Anak Di Indonesia. Jurnal Ilmu Hukum, Vol 3(1). Hal 41-55.

Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol 6(2), Hal 185-204.

Cahyani, R. P., & Yustitia, V. (2020). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebondalem Mojosari. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Vol 20(3) Hal 200-307.

Faqih, I. (2020). Hak Dan Kewajiban Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Agama Islam, Vol 13(1).

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, Vol 2(1), Hal 93-97.

Hidayatulloh, H. (2019). Hak Dan Kewajiban Suami Istri Dalam Al-Qur’an. Jurnal Hukum Keluarga Islam, Vol 4(2), Hal 143-165

Khofifah, N. N., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pengembangan Scrapbook Berbasis Pjbl Materi Kekayaan Budaya Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 8(2), Hal 4309-4323.

Malisi, A. S. (2022). Pernikahan Dalam Islam. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, Vol 1(1), Hal 22-28.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, Vol 9(1), Hal 66-74.

Purwatiningsih, H., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, Vol 2, Hal 313-320.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, Vol 7(1), Hal 89-98.

Rofi'ie, A. H. (2019). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, Vol 1(1), Hal 113-128.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 7(2), Hal 73-84.

Suryantoro, D. D., & Rofiq, A. (2021). Nikah Dalam Pandangan Hukum Islam. AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, Vol 7(02), Hal 38-45.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.