Penerapan Tari Jenang Berdasar Perspektif Etnososial Pada Buku Pelajaran IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka

Irma Yusnia

Abstract

 

Ketentuan pada Kurikulum Merdeka adalah memberikan pengajaran yang dapat disesuaikan budaya daerah, salah satunya adalah Tari Jenang. Tari Jenang berasal dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Penerapan Tari Jenang yang diintegrasikan berdasar etnososial pada buku kurikulum merdeka mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV selinear dengan salah bab pada buku tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tari jenang yang didasarkan pada etnososial di buku kurikulum merdeka mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas IV. Metode yang digunakan adalah studi pustaka atau literatur review. Hasil yang diperoleh berupa tari Jenang yang dapat diintegrasikan pada pembelajaran kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang ditunjukkan oleh teks dengan judul “Tari Jenang”. Penerapan ini penting untuk dilakukan sebagai pengajaran yang sesuai dengan budaya daerah di Kabupaten Kudus. Implikasi yang dilakukan berupa pengajaran di kelas IV yang diberikan berdasar kearifan lokal.

Keywords

tari jenang; etnososial; kurikulum merdeka; ilmu pengetahuan sosial

Full Text:

PDF

References

Amalia, F., Anggayudha, R. A., & Aldilla, K. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV. In Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Buku Siswa.

Ismaya, E. A., & Khairunisa, I. (2021). Budaya Kretek Masyarakat Kudus Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(2).

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto.

Kemdikbud, P. web. (2022). Implementasi kurikulum merdeka, muatan kearifan lokal bisa dimasukkan melalui tiga opsi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi - Republik Indonesia.

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2).

Norhayani, N. E., & Iryanti, V. E. (2018). Bentuk dan Fungsi Tari Jenang Desa Kaliputu Kabupaten Kudus. Jurnal Seni Tari, 7(1).

Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Dunia Pendidikan. Chronologia, 3(2). https://doi.org/10.22236/jhe.v3i2.7242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.