Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan Kemampuan Komunikasi Guru yang akan berpengaruh pada Keaktifan Belajar Siswa pada kelas X SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Kemampuan Komunikasi Guru tepatnya di kelas X SMA Al-Islam Krian dan untuk mengatahui pengaruh dari Kemampuan Komunikasi Guru pada mata pelajaran Pendidikan agama islam terhadap Keaktifan Belajar Siswa di kelas X SMA Al-Islam Krian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang digunakan, diketahui bahwa tingkat penerapan Kemampuan Komunikasi Guru pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di kelas X SMA Al-Islam Krian besarnya 67,25%, yang masuk pada interval 56 – 75% dan dikategorikan Cukup Baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh yang sangat baik antara Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA AL-Islam Krian Sidoarjo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Saebani, Beni. (2012). Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: CV Pustaka Setia)
Cangara, Hafied. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada)
Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Bumi Aksara) Faizah. (2020).
Fitrah, Muh, dkk. (2017). Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus, (Jawa Barat: CV. Jejak)
Hendra, Jossapat Prijanto. (2021). Peran Guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa, Vol. 11, Nomor. 3
Khasanah, Uswatun. (2020). Pengantar Mikroteaching, (Yogyakarta : CV Budi Utama)
Kusumastutui, Adhi. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. (Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressido)
Mulyana, Deddy. (2019). Ilmu Komunikasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Novita, Yessy, Sari. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Menggunakan Media Video Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Pagar Alam, Jurnal Profit. Vol 5, Nomor 1.
Purwadita. (2019). Hubungan Gaya Komunikasi Guru terhadap tingkat Keefektifan Proses Belajar, Vol. 3, Nomor. 2
Putri, Zulia. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama terhadap perilaku keagamaan siswa, Vol.2, Nomor. 2
Rusman. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru, (Jakarta: Raja Grafinda)
Saekan, M. Muchith. (2016). Guru PAI yang Professional, Vol.4, Nomor. 2 Sanjaya, Mahindra. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa
terhadap keaktifan belajar siswa, Vol. 1, Nomor. 1
Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)
Sugiyono. (2020). Metode Riset Kuantitatif dan Kualitatif (Bandung: Alfabeta) Sugiyono. (2021). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif (Bandung: Alfabeta)
Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar, Vol. 1, Nomor 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.