Perbedaan Self-Regulated Learning Siswa Laki-Laki dan Perempuan di SMA X

Abi Thalha, Timorora Sadha Perdhana

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk membekali siswa di masa depan,siswa dapat memperoleh berbagai pengetahuan. Siswa adalah seseorang yang mempunyai keinginan sadar untuk mengembangkan potensi dirinya melalui proses kegiatan belajar. Self-regulated learning (SRL) diartikan sebagai strategi belajar yang dikembangkan sendiri oleh siswa untuk mencapai tujuannya. Perbedaan gender menimbulkan perbedaan fisiologis dan mempengaruhi perbedaan psikologis dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji beda. Penelitian ini melibatkan 114 respoden siswa/i SMA X. penelitian ini menggunakan teknik non- probability sampling. Berdasarkan hasil yang diperoleh, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara self-regulated learning pada siswa/i SMA X Berdasarkan hasil yang diperoleh, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara self-regulated learning pada siswa/i SMA X dengan arah korelasi positif, yang memiliki arti bahwa semakin tinggi self-regulated learning siswa maka semakin tinggi strategi belajar siswa. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah self-regulated learning maka semakin rendah self-regulated learning siswa

Keywords

Self-Regulated Learning, laki-laki, perempuan, siswa

Full Text:

PDF

References

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Teras.

Istiqomah, I. W., Faruq, F., Sabani, N., Rahmawati, S., Rivalna, K., Kumaidi, K., & Sudinadji, M. B. (2021). The Differences in Self-Regulated Learning Levels of Junior High School Students in the Pandemic Period in terms of Gender. Proceeding of The 14th University Research Colloquium 2021: Bidang Pendidikan | Proceeding of The URECOL, February 2022, 421–429. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/issue/view/38

Maulana, S., Daryanto, & Hanifah Yuninda, N. (2020). Hubungan Antara Pengaturan Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Instalasi Tenaga Listrik Kelasi Xii Smk Patrior 1 Bekasi. Journal of Electrical Vocational Education and Technology, 4(2), 46–52. https://doi.org/10.21009/jevet.0042.08

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyarni dkk. (2017). Perbedaan kemandirian belajar siswa laki-laki dan perempuan SMP Negeri 14 Pekanbaru TP.2016/2017. Online Mahasiswa, 4, 1–11.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wisnuwardana, A. M., Indrawati, S. A., & Luawo, M. I. (2014). Perbandingan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Di Jurusan Bimbingan Konseling Pada Semester 100 Universitas Negeri Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 1. https://doi.org/10.21009/insight.032.01

Refbacks

  • There are currently no refbacks.