Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Abstract
TIK Merupakan beragam alat yang digunakan oleh setiap orang untuk memperoleh infromasi dan berkomunikasi pada era digital seperti sekarang ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui definisi strategi pembelajaran berbasis TIK, bagaimana manfaat dan urgensi strategi pembelajaran berbasis TIK. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif yaitu dengan mengamati, mencermati dan mendalami sebagai literature, baik berupa buku, jurnal ilmiah, maupun artikel lainnya yang mengulas tentang strategi pembelajaran berbasis TIK secara optimal pada kalangan pembelajar sampai tingkat perguruan tinggi. Hasil penelitian strategi pembelajaran berbasis TIK ini yaitu dapat dipahami bahwa strategi pembelajaran berbasis TIK adalah cara atau metode yang digunakan oleh guru dengan menggunakan alat teknologi, dan menampilkan aplikasi-aplikasi dalam pembelajaran. Adapun strategi guru dalam pembelajaran TIK adalah guru dituntut untuk Menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan demi menciptakan lingkungan belajar yang rileks tanpa stres, memanfaatkan sarana bermain untuk belajar, perlunya motivasi yang kuat dan positif bagi anak. Tujuan utama yaitu : (1) Strategi TIK mempermudah guru menyampaikan pembelajaran, (2) TIK mempermudah peserta didik memahami pelajaran. (3) TIK merangsang/memotivasi pendengaran, penglihatan untuk memahami pelajaran. Manfaat strategi pembelajaran berbasis TIK diantaranya Mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa dan belajar mandiri, menghasilkan lingkungan belajar yang kreatif, Memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan keterampilan berpikir kritis, dan Meningkatkan kualitas belajar mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agit, Alamsyah, and Nurdiati Amiruddin, ‘Evaluasi Penggunaan Teknologi Terhadap Efektivitas Belajar: Apakah Berdampak Buruk’, Educandum, 9.1 (2023), 31–42
Azhariadi, Ina Desmaniar, and Zuliana Linggo Geni, ‘Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Daerah Terpencil’, Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 121 (2019), 78–88
Bahri, Husnul, ‘Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini’, NUANSA, Vol 11.No 1 (2018), 54
Fahira, Wina Roza, Yesi Guspita Sari, Bera Eka Putra, Desi Armi, and Eka Putri, ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media Pembelajaran Di Dunia Pendidikan’, Bina Gogik, 10.2 (2023), 89–98
Fedi, Sindi Rahmawati, P P G Iain Curup, and Kata Kunci, ‘Efektivitas Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Agama Islam’, 1.3 (2023), 309–318
Handayani, Fitria, Abu Mansur, and Amir Rusdi, ‘Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Muaddib: Islamic Education Journal, 5.1 (2022), 33–40
Hutauruk, Ahmad Fakhri, Hani Subakti, Janner Simarmata, David Soputra, Hana Lestari, Gamar Al Haddar, and others, Media Pembelajaran Dan TIK, Edisi 1 (Yayasan kita menulis, 2022)
Karwono, and Achmad Irfan Muzni, Srategi Pembelajaran Dalam Profesi Keguruan (Depok: Raja Grafindo Persada, 2020)
Mawati, Irma Nur, Kaisah Nur Fadillah, and Ina Magdalena, ‘Tujuan Intruksional Khusus ( TIK) Dalam Pembelajaran’, Cendekia Pendidikan, Vol 3.No 4 (2024), 101112
Nadar, Wahyuni, ‘Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI) Di Taman Kanak-Kanak Bunga Bangsa Islamic School Bekasi’, JECE, Vol 2.No 1 (2020), 73–84
Rusman, Deni Kurniawan, and Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru (Depok: Rajawali Press, 2019)
Sibuea, Parulian, Bilal Hafis, Delvina Sari, Muthya Khairunnisa Koto, Nadila Aulia Rahman, Putri Rahayu Naibaho, and others, ‘Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 8.No 1 (2024), 2920–28
Sukatin, Sukatin, Lailatun Nuri, M. Yusril Naddir, Suci Nur Indah Sari, and Winda Indriani Y, ‘Teori Belajar Dan Strategi Pembelajaran’, Journal of Social Research, Vol 1.No 8 (2022), 916–21
Refbacks
- There are currently no refbacks.