Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Pengenalan Budaya Asing

Yuspar Uzer, Yus Vernandes Uzer

Abstract

Pembelajaran budaya dalam pembelajaran bahasa ini penting sekali maknanya mengingat pentingnya peranan pemahaman budaya dalam melancarkan komunikasi antarbudaya. Dalam pengenalan budaya dalam proses pembelajaran bahasa Inggris dapat mengurangi potensi terjadinya kesalahpahaman terjadi selama proses komunikasi berlangsung. Budaya dan bahasa memiliki hubungan yang erat. Kita ketahui Bahasa merupakan salah satu bentuk dari budaya, budaya supaya tetap terjaga keberadaanya perlu dikomunikasikan dan untuk mengkomunikasikan budaya perlu sebuah media komunikasi yaitu bahasa. Kitabketahui banyak metode pengajaran bahasa yang memasukkan unsure budaya di dalamnya, seperti Direct Method, Audio lingual Method, Silent Way, Community Language Learning, Suggestopedia, Total Physical Response, Communicative Language Teaching, Task Based, Content Based Instruction dan Genre Based Approach. Hampir semua metode pengajaran bahasa asing tersebut memandang bahwa bahasa tidak terpisahkan dengan budaya. Selain itu mereka memandang budaya tidak hanya semata-mata karya sastra dan seni namun lebih ke cara pandang, cara berfikir, norma, adat istiadat, kebiasaan dari penutur asli. Pengenalan budaya memainkan peran penting dalam pembelajaran bahasa asing. Pengenalan budaya harus berintegrasi dengan pengajaran bahasa yang diterapkan seiring dengan pengembangan empat kemampuan berbahasa (mendengar, berbicara, membaca, menulis). Dengan pembahasan materi dan cara yang dapat dimanfaatkan dalam pengenalan budaya selama pembelajaran bahasa antara lain: teks dan film asli, praktek table manner, peribahasa, cerita rakyat, penutur asli.

Keywords

pembelajaran, bahasa asing, budaya

Full Text:

PDF

References

Brown, H Douglas. 2000. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, Second Edition. London: Longman.

Brown, H Douglas. 1980. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Prentice-Hall.

Brown, H Douglas. 2007. Prinsip pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Edisi kelima, Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Fauziati, Endang. 2009. Introduction Methods and Approaches in Second or Foreign Language Teaching. Surakarta: Era Pustaka Media.

Larsen-Freeman, Diane. 2000. Techniques and Principles in Language Teaching, Second Edition. New York: Oxford.

Liliweri, Alo. 2009. Dasar-dasar Komunikasi Antarbudaya. Jogjakarta: Pustaka Media.

Steinberg, Danny D, Hiroshi Nagata, David P Aline. 2001. Psycholinguistics Language, Mind and World Second Edition. London: Longman.

Sukarno. 2008. Introduction to Linguistics A Lliterary-Based Approach.Surakarta: Yuma Pustaka.

Sukarno. 2007. Kumpulan Makalah Ringkas Kongres Linguistik Nasional XII. Surakarta: Masyarakat Linguistik Indonesia Komisariat Surakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.