Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi
Abstract
Istilah belajar dan pembelajaran adalah suatu istilah yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain dalam proses pendidikan. Pembelajaran sesungguhnnya adalah kegiatan yang dilakukan untuk membangun suasana atau memberikan pelayanan agar peserta didik semangat belajar. Oleh karena itu harus dimengerti bagaimana peserta didik mendapat pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru mampu memahami proses pemerolehan pengetahuan, maka guru juga akan mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk di terapkan bagi peserta didiknya. Tujuan dari pembelajaran berbasis kompetensi menekankan pembelajaran ke arah penciptaan dan peningkatan serangkaian kemampuan dan potensi peserta didik agar bisa mengantisipasi tantangan aneka kehidupan. Hal ini berarti apabila selama ini pembelajaran lebih berorientasi pada aspek pengetahuan dan target materi yang cenderung verbalistis dan kurang memiliki daya terap, maka di dalam pembelajaran berbasis kompetensi pembelajaran lebih ditekankan pada aspek pengetahuan dan target keterampilan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Pembelajaran berbasis kompetensi didasarkan atas pokok-pokok pikiran bahwa apa yang ingin dicapai oleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran harus direncanakan dengan jelas. Salah satu strategi yang memenuhi prinsip pembelajaran berbasis kompetensi adalah pembelajaran kontekstual dengan pendekatan konstruktivisme. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dapat disajikan dalam berbagai model pembelajaran, yaitu: Individual Learning, Mastery Learning, Student Active Learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan, Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2013)
E Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002)
Hasibuan, M. Idris, ‘Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)’, Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2.1 (2014)
Murniatun, ‘Peran Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi’, Jurnal Kependidikan, 7.1 (2022), 19–27
Muslich, M, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Sulistiyono, Firmansyah, ‘Kontribusi Hasil Uji Komtensi Teori Kejuruan Terhadap Hasil Uji Kompetensi Prektik Kejuruan Teknik Gambar Mesin Di SMK Negeri 2 Kota Bandung’, Repository.Upi.Edu, 2014
Refbacks
- There are currently no refbacks.