Strategi Pengelolaan Kelas
Abstract
Guru perlu menguasai suatu strategi atau metode yang tepat dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Dengan guru memiliki strategi mengajar diharapkan belajar menjadi lebih efektif, efisien dan tercapai tujuan yang akan diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi ini adalah guru harus dapat menguasai mengelola kelas dan menguasai kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah library research atau penelitian Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengelolaan kelas yang efektif dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tercermin dari pengoptimalam pengelolaan kelas yang efektif, adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian memberikan kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azman, Zainal, ‘Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran’, Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2.2 (2020), h. 51–64
Erwinsyah, Alfian, ‘Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru’, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5.1 (2017), h. 69–84
Fadhilaturrahmi, ‘Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 1.2 (2018), h. 61–69
Oktarina, Mikyal, and Rahmadon Rahmadon, ‘Pendidikan Anak Dalam Kandungan Menurut Perspekif Islam’, Serambi Tarbawi, 7.2 (2019), h. 175–94
Rahmadon, Rahmadon, ‘Kurikulum Pendidikan Dengan Skema Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal’, Serambi Tarbawi, 8.1 (2020), h. 1–12
Rahmadon, ‘Pengelolaan Kelas Oleh Guru’, Tarbiyatul Aulad, 8.02 (2022)
Salman, Rusydi, Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas (DIVA Press, 2021)
Sutanti, Sutanti, ‘Gambaran Pengelolaan Kelas Oleh Guru Paud Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru’, Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 5.2 (2016), h. 141–45
Umar, Hendra, ‘Konsep Dasar Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah’, KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18.1 (2020), h. 99–112
Warsono, Sri, ‘Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa’, Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10.5 (2016)
Widiasworo, Erwin, Cerdas Pengelolaan Kelas (Diva Press, 2018)
Yeni, Linda Sari, ‘Penerapan Prinsip Manajemen Kelas Di Mts Negeri 2 Bandar Lampung’ (UIN Raden Intan Lampung, 2023)
Zahroh, Lailatu, ‘Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas’, Jurnal Keislaman, 1.2 (2018), h. 186–201
Refbacks
- There are currently no refbacks.