Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Manajemen Waktu Pada Siswa SMAN X Tambun Selatan

Faradilla F, Rijal Abdillah

Abstract

Diera saat teknologi berkembang pesat, siswa dituntut untuk mengimbangi kemajuan teknologi dengan sekolah. Salah satu kelemahan siswa yang sering kali dijumpai adalah kurangnya keterampilan manajemen waktu. Kurangnya pemahaman mengenai manajemen waktu dapat menjadi suatu halangan bagi siswa untuk memanfaatkan waktunya secara efisien. Tiap siswa memiliki preferensi waktu belajar yang berbeda, dipengaruhi oleh kesibukan, alokasi waktu, kondisi lingkungan belajar, dan kesiapan pribadi. Apabila siswa tidak didukung oleh keterampilan manajemen waktu yang baik, maka siswa perlahan-lahan siswa akan kehilangan dorongan semnagat untuk belajar. Dalam hal ini selain manajemen waktu, motivasi belajar menjadi salah satu yang memiliki peranan krusial dalam penentu keberhasilan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa, meliputi kelas 10 A,B,C,D,E,dan F. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Probability Sampling dan menggunakan teknik sampling Random Sampling yaitu, Proportionate Stratified. Berdasarkan uji regresi linear Y = 10.620 + 0.700X, yang dapat diartikan bahwa setiap peningkatan 1% dari manajemen waktu akan mengakibatkan peningkatan motivasi belajar sebesar +0.700. Oleh karena itu koefisien bernilai positif, yang menunjukan bahwa terdapat hubungan dua arah antara variabel manajemen waktu dengan motivasi belajar siswa.

Keywords

Manajemen Waktu, Motivasi Belajar, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References

Abdillah, R., Subakuh, A. R., & Nazla, T. (2022). Pengalaman Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian Tengah Semester Secara Daring. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(3), 307–316. https://doi.org/10.31599/jki.v22i3.1479

Ahmad, K., & Nurma, S. (2020). Penerapan Metode Small Group Discussion Terhadap Motivasi Belajar Siswa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 30. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1792

Arwina, A., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan Regulasi Diri dan Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 1981–1991. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.988

Claessens, B. J. C., Eerde, W. Van, Rutte, C. G., & Roe, R. A. (2007). A review of the time management literature. Personnel Review, 36(2), 255–276. https://doi.org/10.1108/00483480710726136

Hasbullah, & Zainudin. (2020). Penerapan Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Ishlah Tembelok Menurut Hamzah B.Uno. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 11(2), 16–39.

Himmah, A. F., & Shofiah, N. (2021). Pengaruh Self efficacy dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Akademik Pada Siswa The Effect of Self efficacy and Time Management on Academic Stress in Students. 01(01), 31–38.

Juliasari, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, Dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Viii Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 405–412. https://doi.org/10.30738/.v4i3.435

Macan, T., & Hoffmacan, T. (2016). Time Management : Test of a Process Model Time Management : Test of a Process Model. 79(January), 381–391.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 24. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4592

Sardiman, A. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada.

Syelviani, M. (2020). Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Mencapai Efektivitas Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Unisi). 10(1), 54–75.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Yunita, D. R., Rakhmawati, D., & Mujiono. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Manajemen Waktu Pada Siswa SMA N 1 Kembang. 4(20), 2137–2142.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.