Mewujudkan Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik melalui Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Pu’ad Maulana, Herman Nirwana, Dina Sukma, Thessia Permata Bunda

Abstract

Sistem pendidikan Indonesia masih mempunyai banyak kekurangan. Salah satunya adalah siswa kurang otonomi dalam belajar dan mengajar. Hal ini tercermin dalam sistem kami yang berpusat pada guru, kurikulum yang ketat, dan metode pengajaran yang terpadu. Akibatnya, siswa tidak mempunyai ruang yang cukup untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya secara maksimal. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengembangkan konsep pendidikan liberal, dimana siswa bebas belajar sesuai minat dan kemampuannya. Dalam pendekatan ini, guru berperan sebagai pembimbing dan penasihat, bukan sebagai sumber informasi utama. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik tinjauan literatur untuk mengumpulkan data dari temuan penelitian sebelumnya dan sumber lain yang relevan. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan permasalahan pendidikan di Indonesia, mengidentifikasi informasi dan data mengenai topik yang sedang dibahas, memperoleh pengetahuan baru dari hasil penelitian sebelumnya, dan mengkonfirmasi keabsahan metode teoritis yang digunakan dalam permasalahan tersebut. Analisis Isi Penelitian Berdasarkan hasil penelitian, filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara efektif dalam memberikan kelancaran kepada peserta didik. Kesimpulan ini didasarkan pada temuan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pendidikan Ki Hadjar Dewantara menitikberatkan pada pengembangan karakter, kesehatan jiwa dan raga peserta didik. Bertujuan untuk keunggulan dalam hidup dan harmoni dengan dunia di sekitar Anda. Oleh karena itu, pendidikan ini menciptakan kondisi pendidikan yang mengembangkan manusia terhormat, cerdas, dan sehat serta memerdekakan peserta didik. Kajian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman hubungan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan permasalahan pendidikan Indonesia saat ini. Temuan-temuan ini memberikan dasar untuk mengembangkan kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih berpusat pada siswa yang memungkinkan siswa mencapai potensi penuh mereka.

Keywords

Memerdekakan Peserta Didik, Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Full Text:

PDF

References

Djohar & Istiningsih. (2017). Filsafat Pendidikan Ki hajar Dewantara dalam Dunia Nyata. Yogyakarta: Suluh Media.

Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan.Yogyakarta. UNY Press.

Faradila. (2023). Teaching at the right level sebagai wujud pemikiran ki hadjar dewantara di era paradigma baru pendidikan. Jurnal Pendidikan Non Formal. Vol 01 No 01.

Kihajar Dewantara. (1962). Kihadjar Dewantara :Bagian I Pendidikan. Yogjakarta: Taman Siwa .

Ki Fudyartanta, dkk. (2000). Taman Siswa: Bunga Rampai Pemikiran. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Taman Siswa.

Kuswandi. (2019). Tujuan pembelajaran berlandaskan konsep pendidikan jiwa merdeka ki hajar dewantara. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang. Vol 02 No 03

Nugroho. (2023). Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter. Jurnal Psiko Edukasi. Vol 21 No 01.

Nisa. (2023). Kurikulum merdeka dari berbagai perspektif filsafat pendidikan dan filosofi Ki Hajar Dewantara. Empiricism Journal. Vol 04 No 02.

Sari, M., Siswati, T., Suparto, A. A., Ambarsari, I. F., Azizah, N., Safitri, W., & Hasanah, N. (2022). Metodologi Penelitian. Global Eksekutif Teknologi. Medan: Perdana Publishing.

Sugiono, P. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Jakarta: Kencana Press.

Sholihah. (2021). Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar di Indonesia. Journal Almaata. Vol 12 No 02.

Sukri. (2016). Analisis konsep pemikiran ki hajar dewantara dalam perspektif pendidikan karakter. Jurnal Civic Hukum. Vol 01 No 01.

Samho, Bartolomeus. (2013). Visi Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Kanisius.

Soeratman, Darsiti. (1984). Ki Hajar Dewantara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Witasari. (2022). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Indonesian Journal Elementary Education and Teaching Innovation. Vol 01 No 01.

Wiryanto . (2022). Analisis pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam konsep kurikulum merdeka belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol 15 No 01.

Widyasturi. (2021). Relevansi pemikiran ki hajar dewantara dengan konsep merdeka belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan. Vol 02 No 01.

Zulfiati. (2018). Sistem Among Ki Hadjar Dewantara Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol 14 No 01.

Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.