Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Lhokseumawe
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model kooperatif tipe decision making pada mata pelajaran PPKn di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 6 Lhokseumawe semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan lembar pengamatan. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada siklus 1, yaitu siswa yang tuntas belajar sebesar 40.62% dan yang belum tuntas sebesar 59.38%. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan belajar siswa sebesar 87.5% yang tidak tuntas sebesar 12.5%. Sementara itu, hasil pengamatan aktifitas guru pada siklus I sebesar 71,83% dengan interpretasi kualifikasi baik. Pada siklus II, persentase aktifitas guru sebesar 92.58% dengan kualifikasi amat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe decision making pada mata pelajaran PPKn di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 6 Lhokseumawe meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Depdiknas. 2004. Pengetahuan Sosial. Jakarta
Fatimah, et al. 2008. Model-model pembelajaran (SMA/SMP). Palembang: Pendidikan dan Profesional Guru Rayon 4 Universitas Brawijaya
Hanifah, N. 2008. Pengembangan Decision Making (Model Pembuatan Keputusan) dalam Pembelajaran IPS di SD Kelas 6. Jurnal Pendidikan Dasar. UPI Bandung website: https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Isjoni, 2011. Cooperatif Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta
Mardalis. 2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sanjaya. Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Sanjaya. Wina. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana
Stahl. R.J. 1994. Coopeartif Learning on Social: A Handbook for Teacher. United States of America: Addison Wesley Publishing Company, Inc.
Kemendikbud. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajawali Press
Permendikbud No 37 tahun 2018. Kompetensi Inti dan Kompetensi Menengah Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Santyasa, I. W. 2005. Model Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disampaikan dalam Penataran Guru-Guru SMP, SMA, dan SMK
se Kabupaten Jembrana Juni – Juli
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana
Wahidmurni. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Agama dan Umum dari Teori Menuju Praktik, disertai Hasil Penelitian. Malang: UM Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.