Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Lhokseumawe

Abdullah Abdullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model kooperatif tipe decision making pada mata pelajaran PPKn di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 6 Lhokseumawe semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan lembar pengamatan. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada siklus 1, yaitu siswa yang tuntas belajar sebesar 40.62% dan yang belum tuntas sebesar 59.38%. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan belajar siswa sebesar 87.5% yang tidak tuntas sebesar 12.5%. Sementara itu, hasil pengamatan aktifitas guru pada siklus I sebesar 71,83% dengan interpretasi kualifikasi baik. Pada siklus II, persentase aktifitas guru sebesar 92.58% dengan kualifikasi amat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe decision making pada mata pelajaran PPKn di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 6 Lhokseumawe meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

decision making, hasil belajar, aktifitas guru

Full Text:

PDF

References

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Depdiknas. 2004. Pengetahuan Sosial. Jakarta

Fatimah, et al. 2008. Model-model pembelajaran (SMA/SMP). Palembang: Pendidikan dan Profesional Guru Rayon 4 Universitas Brawijaya

Hanifah, N. 2008. Pengembangan Decision Making (Model Pembuatan Keputusan) dalam Pembelajaran IPS di SD Kelas 6. Jurnal Pendidikan Dasar. UPI Bandung website: https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Isjoni, 2011. Cooperatif Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta

Mardalis. 2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya. Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Sanjaya. Wina. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana

Stahl. R.J. 1994. Coopeartif Learning on Social: A Handbook for Teacher. United States of America: Addison Wesley Publishing Company, Inc.

Kemendikbud. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajawali Press

Permendikbud No 37 tahun 2018. Kompetensi Inti dan Kompetensi Menengah Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Santyasa, I. W. 2005. Model Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disampaikan dalam Penataran Guru-Guru SMP, SMA, dan SMK

se Kabupaten Jembrana Juni – Juli

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana

Wahidmurni. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Agama dan Umum dari Teori Menuju Praktik, disertai Hasil Penelitian. Malang: UM Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.