Telaah Deskriptif Sejarah Lembaga dan Metode Pendidikan di Masa Dinasti Abbasyiah

Abu Hanif I. F., Arditya Prayogi, Ahmad Tabi'in

Abstract

Dinasti Abbasiyyah telah meninggalkan khazanah peradaban yang memukau, salah satunya dalam konteks keilmuan. Darinya muncul berbagai ilmuan-ilmuan besar yang menginspirasi dunia. Dalam artikel ini dipaparkan secara deskriptif sejarah pendidikan Islam di masa dinasti Abbasiyah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber dari penelitian ini berasal dari pustaka cetak maupun elektronik yang berkaitan dengan pendidikan Islam masa dinasti Abbasiyah. Adapun pendidikan sekarang juga sedikit banyak masih mengadopsi beberapa hal dari peninggalan sistem pendidikan dinasty Abbasiyah seperti madrasah. Adanya madrasah masih tetap terjaga sampai saat ini. Pada saat ini justru madrasah mengambil banyak peran di dunia pendidikan Islam kita. Pada saat ini seolah sudah menjadi segmen tersendiri bahawa madrasah adalah tempatnya anak-anak untuk belajar. Sedangkan masjid adalah tempat untuk ibadah.

Keywords

Abbasiyah, Pendidikan, Islam

Full Text:

PDF

References

Daulay, H. P., Dahlan, Z., & Putri, Y. A. (2021). Peradaban dan Pemikiran Islam pada Masa Bani Abbasiyah. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 228-244.

Ifendi, M. (2020). Dinasti Abbasiyah: Studi Analisis Lembaga Pendidikan Islam (Vol. 12). FENOMENA: Jurnal Penelitian: 139-160.

Intan, S. (2018). Kontribusi Dinasti Abbasiyah Bidang Ilmu Pengetahuan. Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 6(2), 166-177.

Mahroes, S. (2015). Kebangkitan Pendidikan Bani Abbasiyah Perspektif Sejarah Pendidikan Islam. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 77–108.

Misdar, M. (2017). Sejarah Pendidikan dalam Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mukaromah, N. (2018). DINASTI ABBASIYAH METODE DAN MATERI PENDIDIKAN DASAR (KUTTAB). Tarbawi: Jurnal Studi Pendidikan Islami, 5(1), 12-22.

Prayogi, A. (2022). Karakteristik Wacana Keilmuan Islam: Suatu Telaah Komparatif. KOLONI, 1(2), 73-82.

Prayogi, A., & Anggraeni, D. (2022). Perkembangan Tema Dalam Historiografi Islam: Suatu Telaah. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 9(1), 33-56.

Prayogi, A., Arisandi, D., & Kurniawan, P. C. (2023). Peradaban dan Pemikiran Islam di Masa Tiga Kerajaan Besar Islam: Suatu Telaah Historis. Al Irsyad: Jurnal Studi Islam, 2(1), 1-12.

Prayogi, A. (2024). Application of Video Games as Part of Learning Islamic History. EDUTREND: Journal of Emerging Issues and Trends in Education, 1(1), 20-27.

Ramayulis. (2011). Sejarah Pendidikan Islam: Napaktilas Perubahan Konsep, Filsafat, Dan Metodologi Pendidikan Islam Dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara. Jakarta: Kalam Mulia.

Syahraeni, A. (2016). DINASTI-DINASTI KECIL BANI ABBASIYAH. Jurnal Rihlah, 4(1), 91-109.

Zuhairini, Kasiram, M., Ghofir, A., Tadjab, Fadjar, A. M., & Umar, M. (1990). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.