Pendekatan Behavioral dan Kognitif Sosial
Abstract
Pendekatan behavioral dan kognitif sosial adalah dua pendekatan yang berbeda dalam memahami dan menjelaskan perilaku manusia. Pendekatan behavioral menekankan pada peran lingkungan dalam membentuk perilaku, sedangkan pendekatan kognitif sosial menekankan pada interaksi antara lingkungan, perilaku, dan kognisi. Artikel ini membahas tentang dasar-dasar kedua pendekatan tersebut, serta implikasinya dalam pendidikan. Pendekatan behavioral dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku positif, seperti belajar dan keterampilan sosial, serta mengurangi perilaku negatif, seperti agresi dan perilaku antisosial. Pendekatan kognitif sosial dapat digunakan untuk membantu individu mengembangkan keterampilan regulasi emosi dan mengatasi masalah. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 di salah satu universitas di Indonesia. Pemilihan subjek penelitian secara purposive sampling dilakukan dengan pertimbangan bahwa mahasiswa semester 1 merupakan mahasiswa yang baru memulai perkuliahan dan belum memiliki pengalaman belajar yang banyak. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semiterstruktur. Wawancara semiterstruktur dipilih karena dapat memberikan keleluasaan kepada peneliti untuk menggali informasi yang lebih mendalam dari subjek penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan masing-masing subjek penelitian. Wawancara dilakukan dengan pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan oleh peneliti. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode analisis tematik. Metode ini dipilih karena dapat membantu peneliti untuk mengidentifikasi tema-tema yang muncul dari data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pendekatan behavioral dan kognitif sosial memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pendekatan behavioral dan kognitif sosial adalah dapat meningkatkan motivasi belajar, keterampilan belajar, dan pemahaman konsep. Kekurangan pendekatan behavioral dan kognitif sosial adalah dapat membuat pembelajaran menjadi monoton dan kurang kreatif. Pendekatan behavioral dan kognitif sosial dapat menjadi alternatif pendekatan pembelajaran yang efektif. Namun, perlu dilakukan penyesuaian agar pembelajaran dengan pendekatan ini menjadi lebih menarik dan kreatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akib, S., & Perkasa, A. W. A. P. (2022). Peran Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(Vol. 4 No. 6).
Ayutiani, D. N., & Satria Putri, B. P. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683
Hastut, N. (2016). Bab II Landasan Teori Motivasi. Walisongo.
Hayati, S. A., & Tohari, S. (2022). Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam Menurunkan Social Anxiety Disorder (SAD) dan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) Pada Remaja. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2). https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.163
Maulida, H., W, R. Y. P., & Nugrahenti, M. C. (2020). Komunikasi Kesehatan Perilaku Hidup Sehat #JSR Di Media Sosial. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1). https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.44
Ningtyas, M. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian.
Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Ar-Ruzz Media.
Sasmitha, H., Cahyati, A. S., Ikhsanul, R., & Saragi, M. P. D. (2022). Pentingnya Psikologi Pendidikan Bagi Generasi Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).
Wahyuningsih, D. D., Nugroho, I. S., Hartini, H., Asfuri, N. B., Sunjoyo, S., Wahyudi, C., & Maharani, V. D. (2023). PELATIHAN KONSELING KELOMPOK KOGNITIF BEHAVIOR BERBASIS EXPERIENTAL LEARNING BAGI GURU BK DI KABUPATEN BOYOLALI. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i1.2415
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.