Pembelajaran dan Konstruktivis Sosial

Fauziah Nasution, Zuhrona Siregar, Riska Anita Siregar, Annisa Zakhra Manullang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalam konsep konstruktivisme sosial dan menganalisis implementasinya dalam metode pengajaran. Metode penelitian bersifat konseptual dengan pengumpulan data sekunder dari berbagai sumber terpercaya. Hasilnya menunjukkan bahwa konstruktivisme sosial, sebagai teori yang dikembangkan oleh Jerome Bruner dan Lev Vygotsky, menekankan peran bahasa, budaya, dan interaksi sosial dalam pembentukan pengetahuan siswa. Penerapan prinsip konstruktivisme sosial dalam pengajaran melibatkan diskusi kelas, pembelajaran kelompok kecil, dan partisipasi aktif siswa. Dengan menggabungkan dimensi kognitif dan sosial, pendekatan ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan inklusif. Kesimpulannya, konstruktivisme sosial memandang pembelajaran sebagai kegiatan sosial yang melibatkan semua peserta didik sebagai aktor utama dalam pembentukan pengetahuan mereka.

Keywords

Pembelajaran, Konstruktivis, Sosial

Full Text:

PDF

References

Nawaz, A. (2012). Social-constructivism: Futuristic sphere for eLearning in HEIs. Global Journal of Management and Business Research, 12(8).

Kussmaul, C., & Pirmann, T. (2021). Guided Inquiry Learning with Technology: Investigations to Support Social Constructivism. In CSEDU (1) (pp. 483-490).

Fleury, S., & Garrison, J. (2014). Toward a new philosophical anthropology of education: Fuller considerations of social constructivism. Interchange, 45(1-2), 19-41.

Mohammed, S. H., & Kinyo, L. (2020). The Role of Constructivism in the Enhancement of Social Studies Education. Journal of critical reviews, 7(7), 249-256.

Taylor, S. P. (2018). Critical realism vs social constructionism & social constructivism: application to a social housing research study. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 37(2), 216-222.

Aljohani, M. (2017). Principles of "constructivism" in foreign language teaching. Journal of Literature and Art Studies, 7(1), 97-107.

Al-Qaysi, N., Mohamad-Nordin, N., & Al-Emran, M. (2021). Developing an Educational Framework for Using WhatsApp Based on Social Constructivism Theory. In Recent Advances in Intelligent Systems and Smart Applications (pp. 243-252). Springer, Cham.

akpan, v. i. (2020). Social Constructivitism: Implication On Teaching And Leraning. British Journal of Education , 49-56.

Bozkurt, G. (2017). Social Constructivism: Does it Succeed in Reconciling Individual Cognition with Social Teaching and Learning Practices in Mathematics? Journal of Education and Practice , 210-218.

Saleem, A. (2021). Social Constructivism: A New Paradigm in Teaching and Learning Environment. Perennial Journal of History (PJH) , 403-421.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.