Pendekatan Pemrosesan Informasi

Fauziah Nasution, Astrid Natasya, Sarina Wahyuni, Winy Wiranti

Abstract

Berpikir dapat diartikan menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu, menimbang-nimbang dalam ingatan. Proses berpikir merupakan proses kompleks dan tidak dapat dilihat secara langsung bagaimana otak bekerja dan informasi di olah. Informasi yang diterima melalui alat indera akan dipersepsikan oleh bagian-bagian yang berfungsi secara khusus. Model pembelajaran pemrosesan informasi adalah model pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas yang terkait dengan kegiatan proses atau pengolahan informasi untuk meningkatkan kapabilitas siswa melalui proses pembelajaran. Model pemrosesan informasi ini didasari oleh teori belajar kognitif (Piaget) dan berorientasi pada kemampuan peserta didik memproses informasi yang dapat memperbaiki kemampuannya. Pemrosesan Informasi merujuk pada cara mengumpulkan/menerima stimuli dari lingkungan, mengorganisasi data, memecahkan masalah, menemukan konsep, dan menggunakan simbol verbal dan visual

Full Text:

PDF

References

Rehalat, A. (2014). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 23, No. 2.

Iwan S.B. (2022). Teori pemrosesan informasi dalam model pembelajaran di SD/MI. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Vol. 15, No. 01.

John W.Santrock. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Sudjana,N.(1989). Dasar dasar Proses belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.