Tanggung Jawab Guru Dalam Meningkatkan Karakter Belajar Siswa di Yayasan Pendidikan MIS Karya Shabirah

Afrahul Fadhila Daulay, Esta Rayahani Harahap, Jihan Ramadhani Faizera, Nabila Putri Pratama, Siti Lailatul Badriah

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di YP. MIS Karya Shabirah. Adapun madrasah yang terletak di Jl. Dusun Pringgan XI Desa Kolam Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Dengan judul tanggung jawab guru dalam meingkatkan karakter belajar siswa di yayasan pendidikan MIS Karya Shabirah dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru dan juga rasa tagging jawab nya dalam pembentukan karakter siswa di MIS tersebut. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini iyalah metode kualitatif berbasis wawancara, observasi serta di tambah dengan studi pustaka untuk memperkuat informasi begitu juga dengan dokumentasi harus selalu beriringan sebagai bukti nyta dalam penelitian yang di lakukan. Kemudian hasil yang kami capai yaitu proses pembinaan karakter yang di gunakan di sekolah tersebut dengan siste teladan di mana seorang guru mepraktekan langsung di lingkungan sekolah agar peserta didik mencontoh guru tersebut dan guru juga sangat bertanggung jawab dengan jabatannya di mana dalam pelaksanaan pembelajaan yang dilakukan itu sungguh –sungguh dab penuh semngat.

Keywords

Pendidikan Berkarakter ,Peran Guru, MIS Karya Shabirah

Full Text:

PDF

References

Azzuhri, M., & Farmawati, C. (2017). Resolusi Konflik Keagamaan Melalui Strategi Komunikasi Dalam Tindak Tutur Rasulullah Saw (Studi Bargaining Bahasa Dan Tindak Tutur Pada Hadits-Hadits “Gharib Fil Ma’na†Dalam Kutubus Sittah). http://repository.uingusdur.ac.id/id/eprint/470.

Jumala, N. (2017). Memahami Tingkatan Spiritual Manusia Dalam Mendeteksi Krisis Nilai Moral Understanding the Human Spiritual Rank In Detecting Moral Crisis Values. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 5(1), 42-50. https://core.ac.uk/download/pdf/326037061.pdf.

Kartika, C. (2018). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V MIS Suturuzhulam Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan). http://repository.uinsu.ac.id/4034/1/CYNDI%20KARTIKA.pdf.

Remiswal, R. (2021). Pembentukan karakter anak usia sekolah melalui surau. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2). https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1052/1/16-Pembentukan%20karakter%20anak%20usia%20sekolah%20melalui%20surau.pdf.

Susanti, R. (2013). Penerapan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Al-Ta lim Journal, 20(3), 480-487. http://www.journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/46.

Silvia, T. L., Suntoro, I., & Yanzi, H. (2017). Peranan guru dalam menanamkan rasa percaya diri siswa di SMP PGRI 2 Bekri (Doctoral dissertation, Lampung University). https://www.neliti.com/publications/251395/peranan-guru-dalam-menanamkan-rasa-percaya-diri-siswa-di-smp-pgri-2-bekri.

Wau, Y. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMA Swasta Katolik Bintang Laut. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 16-21. https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/3.

Wijaya, D., Wibowo, H., Supriadi, D., & Sopyan, S. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5(4), 182-190 . http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/munawwarah/article/view/3296.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.