Identifikasi Administrasi Peserta Didik Pada SMA N 1 Labuhan Deli, Sumatra Utara

Anggi Dwi Rosidi Nasution, Mhd Alfin Rangkuti, Taufik Febriansah Padang, Makmur Syukri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem administrasi  peserta didik, mengukut efesiensi penggunaan perangkat lunak, dan mengidentifikasi tantangan yang di hadapi oleh SMA N 1 Labuhan Deli dalam mengelola data siswa, khususnya dalam konteks penerimaan siswa baru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatanan kualitatif dengan studi kasus sebagai kerangka kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem administrasi peserta didik di sekolah tersebut telah mengalami kemajuan, terutama dalam penggunaan perangkat lunak untuk mengelola data. Namun, terdapat tantangan dalam penerimaan siswa baru yang melibatkan proses administrasi yang kompleks. Efesiensi penggunaan perangkat lunak dalam mengelola data siswa memerlukan peningkatan, meskipun telah memberikan kontribusi positif dalam mempermudah tugas administratif. Tantangan utama yang dihadapi melibatkan integrasi data yang lebih baik, pelatihan staf yang diperlukan untuk mengoprasikan perangkat lunak dengan baik, dan peningkatanan koordinasi antar unit dalam sekolah. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi peneliti karena mendapatkan ilmu yang baru. Begitu juga dengan SMA N 1 Labuhan Deli dalam mengembangkan administrasi peserta didik yang lebih efesien dan efektif, khususnya dalam konteks penerimaan siswa baru dan pengelolaan data siswa.

Keywords

Admistrasi peserta didik, Efesiensi perangkat lunak, Integrasi data

Full Text:

PDF

References

Ahmad Suryadi. (2015). Administrasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada

Andi Surya. Administrasi Pendidikan. (Jakarta: Balai Pustaka 2006),

Marczyk, G., DeMatteo, D., & Festinger, D. (2005). Essentials of research design and methodology. John Wiley & Sons Inc.

Ramadhani, F., Rushainy, S. R., Mufit, M. I., Erlangga, F., & Nst, M. F. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media usaha thrifting shop berbasis website. Blend Sains Jurnal Teknik, 44-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.