Pengaruh Celebrity Endorser dan Price Bundling Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Originote Melalui TikTok

Viola Laurensia, Nelson Julius Johan Johan, Jonathan Kristian Chandra, Juliandri Bahar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek dari penggunaan selebriti sebagai endorser dan strategi harga bundling terhadap keputusan pembelian konsumen di Palembang dalam konteks produk The Originote di platform TikTok. Dalam era pemasaran modern yang didorong oleh teknologi, penting untuk mengedepankan inovasi dan memanfaatkan popularitas selebriti dalam mendukung produk. Dalam hal ini, bisnis menggunakan selebriti untuk mempromosikan produk mereka melalui media sosial, terutama TikTok. TikTok Shop memberikan pengalaman berbelanja yang menarik bagi pengguna, yang menggabungkan hiburan, e-commerce, dan pengaruh selebriti dalam pemasaran saat ini. Teori TPB (Theory of Planned Behavior) digunakan sebagai dasar teoritis dalam penelitian ini. Teori ini merupakan pengembangan dari teori tindakan yang rasional (TRA) yang dikemukakan oleh Fishbein dan Ajzen pada tahun 1991. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan program statistik SPSS. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan selebriti sebagai endorser dan strategi harga bundling memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Palembang terkait produk The Originote di TikTok. Disisi lain, penggunaan selebriti sebagai endorser dan strategi harga bundling berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk The Originote di TikTok di Palembang.

Keywords

celebrity endorser, bundling price, keputusan pembelian, the originote, Tiktok

Full Text:

PDF

References

Aldo, K. M. (2022). OLEH : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ).

Alfifto, A., Siringoringo, A., & Hasman, H. C. P. (2022). Viral Marketing, Celebrity Endorsement Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.47709/Jebma.V2i1.1208

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.

Bramantya, Y. B., & Made, J. (2019). Pengaruh Celebrity Endoser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian YAMAHA Jupiter MX Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1745–1771.

Campina, P., & Cream, I. (2022). Pengaruh Harga Bundling , Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian PROGRAM MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI 1444 H / 2022 M.

Dewi, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 409. Https://Doi.Org/10.54144/Jadbis.V7i4.2862

Fildzah, N. A., & Sari, D. (2017). Sweater Online Shop Alco Di Media Sosial Instagram. Bisnis & Entrepreneurship, 11(2), 99–112. Www.Globalwebindex.Net

Gunawan, C., & Djati, S. P. (2018). Pengaruh Personal Selling, Celebrity Endorser, Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk MI1 Global (Studi Kasus Pada PT Mione Global Indonesia “MI1â€). Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, Dan UMKM, 1(1), 1–9.

Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.

James A.F Stoner, 2018 : 41). (1988). Landasan Teori اديدج. Dasar-Dasar Ilmu Politik, 13(10), 17

Journal, I., Available, B. M., & No, I. (2014). No Title. 1(2349), 170–189.

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.8.1.2019.23499.44-54

Malik, H. M. (2016). The Impact Of Celebrity Endorsement On Consumer Buying Behavior.

Muktamar, M. Kamal. (2014). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA WIMCYCLE AGENT SERIES ( Studi Kasus Pada : Wimcycle ) THE INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSER TO PURCHASE DECISION ON WIMCYCLE AGENT SERIES BYCYCLE ( Study Case At : Wimcycle ) Muhamad Kamal Mukt.

Mustikasari, D., Saputri, D., Sari, D. R., Hartini, S., & Ekawaty, N. (2021). Pengaruh Bundling Produk Dan Inovasi Layanan 4.5G Terhadap Keputusan Pembelian Pada Xl Pascabayar. Jurnal Ilmiah Manajemen “E M O R,†4(2), 284. Https://Doi.Org/10.32529/Jim.V4i2.797

Nuraini, A., Maftukhah, I., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Negeri Semarang, U. (2015). Management Analysis Journal. In Management Analysis Journal (Vol. 4, Issue 2). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Maj

Sukma, K., Nurcahya, I., & Suryani, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4016–4043.

Tjoeng, Surya Candra, And R. I. (2015). Jurnal Manajemen Bisnis 2(1). 9(2), 109–117.

Witarsana, I. G. A. G., Pramana, I. D. P. H., Prabawati, N. P. D., Puja, I. B. P., & Pinatih, I. M. D. P. (2022). Pengaruh Sales Promosi Dengan Price Bundling Terhadap Keputusan Pembelian Masa Pandemi Covid 19 Di Bali. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 6(2), 89–109. Https://Doi.Org/10.32487/Jshp.V6i2.1445

Zahra, K. F., Listyorini, S., & Pinem, R. J. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word Of Mouth, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Koesmetik Wardah Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 965–973. Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2021.30604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.