Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Bahasa Arab Pada Tugas Akhir Mahasiswa

M. Faiz Akbar, Amanda Yusri, Diva Rahimah Wadah, Mujiba Sakila Irawan, Sahkholid Nasution

Abstract

Tanda baca dalam kaidah penulisan Arab disebut dengan AlÄmat tarqÄ«m. Sedangkan dalam bahasa Yunani disebut dengan “puntucs†yang berarti point dan dewasa ini disebut pungtuasi.  Tanda baca yang digunakan didalam penulisan modern bisa kita lihat di artikel, buku , surat kabar, makalah dan karya ilmiah lainya. Tanda baca merupakan unsur yang sangat mempengaruhi dalam sebuah sebuah tulisan. Penulisan yang baik dengan memperhatikan sistematika kaidah-kaidah penulisan seperti. kaidah-kaidah penulisan seperti tanda baca akan mempermudah tercapainya pesan dan informasi. Masalah yang menjadi latar belakang penulisan karya ilmiah ini yaitu masi dapat kekeliuran dalam penerapan penulisan tanda baca dalam sebuah karya ilmiah sebagai tugas akhir seorang mahasiswa. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pendekatan dengan metode kualitatif untuk mengumpulkan data yang akurat sebagai tolak ukur penelitian. Hal ini dikarenakan dalam penelitian kualitatif, ketepatan dan kecukupan data sangat dibutuhkan. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan sebanyak tiga buah tugas akhir mahasiswa sebagai objek penelitian dan perbandingan. Kesalahan penggunaan tanda baca dari suatu karya tulis dapat menimbulkan kesalahan dalam memahami maksud dari isi wacana tersebut. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti menyimpulkan banyak kesalahan penggunaan tanda bahasa Arab yang terjadi karena kurangnya pemahaman mahasiswa dalam penggunaan tanda baca bahasa Arab khususnya dalam peletakan tanda baca koma dan titik dua,  yang tentu saja memilki beberapa perbedaan yang harus diperhatikan dari bahasa Indonesia.

Keywords

Tanda Baca, Bahasa Arab, Tugas Akhir

Full Text:

PDF

References

Kosim, Abdul. 2021. “Nama-Nama Pesantren Di Bandung Raya.†Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2(1):1–23. doi: 10.52593/klm.02.1.01.

Lathifatul Insaniyah, Anyes, Umi Yurika, and Nur Kumala. 2022. “Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imlà .†Jurnal Tadris Al-Arabiyat 2(1):47–60.

Nasution, Sahkholid, and Widya Ningrum. 2021. “Pembelajaran MahÄrah KitÄbah Pada Masa Pendemi Covid-19: Menakar Kreativitas Guru Madrasah Tsanawiyah Di Sumatera Utara.†Tifani 1:13–20.

Nasyithoh, Siti Ghitsna naily, Al Fahrur Rozi, and Syamsul Anam. 2021. “Fenomena Penggunaan Tanda Baca Dalam Artikel Bahasa Arab Pada Website BBC News Online.†Jurnal AlFAZ 9(1).

Nina Adlini, Miza, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA.†Jurnal Edumaspul 6(1):974–80.

Raharja Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddin, Hatta, and dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2014. “TANDA BACA DALAM BAHASA ARAB.†Alfaz 2:1–143.

Rasyid, Harun, Mansyur, and Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Roviin, and Muhammad Hafidz. 2020. “STUDI ARAB Analisis Kesalahan Imla’ Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Salatiga.†Jurnal Studi Arab 11(1):14–26.

Taubah, Miftachul. 2019. “Maharah Dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.†Studi Arab 10(1):31–38. doi: 10.35891/sa.v10i1.1765.

Wahab, Muhib Abdul. n.d. REVITALISASI “ALAMAT AL-TARQIM DALAM PEMBELAJARAN ISNYA.â€

Yunita, Desti Alvi, Dendy Sugono, and Mamik Suendarti. 2021. “Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Dan Kosakata Dalam Penulisan Karangan Deskripsi.†Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 3(02):121. doi: 10.30998/diskursus.v3i02.7494.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.