Strategi Modeling dalam Pembelajaran Penulisan Huruf Arab di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 4 Helvetia

Hotmanianti Siregar, Isna Bulqis Saragi, Muhammad Azka Azikra, Musa Alamsyah Siregar, Sahkholid Nasution

Abstract

Penerapan strategi pemodelan dalam pembelajaran menulis bahasa Arab merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji efektivitas strategi pemodelan dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa. Strategi pemodelan merupakan suatu teknik pembelajaran yang memanfaatkan contoh-contoh tulisan yang baik sebagai model untuk ditiru atau dimodifikasi oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas di sebuah sekolah menengah pertama, yaitu kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan strategi pemodelan dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitiannya adalah tes menulis bahasa Arab yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor kelas eksperimen dan kelas kontrol pada posttest. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, hal ini menunjukkan bahwa strategi pemodelan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa.

Keywords

Strategi modeling, Pembelajaran menulis, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References

Abdurochman. (2017). Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya. 2(2), 147–160.

Atika, N. A., & Muassomah, M. (2020). Penggunaan Media Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kitabah (imla’) Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 277–297. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1256

Dr. Ahmad Muradi, M. A. (2015). Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dalam Perspektif Komunikasi.

Iskandar, M. L. (2017). Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab. 6(1), 55–68.

Khansa, H. Q. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 53–62.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15

Nasution, S. (2017). Pengantar Linguistik Bahasa Arab (Moh. Kholison (ed.); I). CV. LISAN ARABI.

Novinsah, A. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di MI. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 187–204. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i2.2571

RU’IYA, S., & THONTHOWI. (2022). Meningkatkan kemampuan siswa dengan multi strategi. Jurnal Idaarah, VI(2), 297–314.

Widodo, S. A. (2006). Model - Model Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Arabiyah, 2(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.