Penerapan Hukum Komunikasi Program Tayangan Televisi : (Studi Analisis Program Insert Trans TV berdasarkan P3SPS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan hukum media dalam konteks berita televisi dengan fokus pada program Insert di Trans TV. Dalam konteks ini, penelitian ini melakukan analisis terhadap kandungan informasi siaran dalam program tersebut, mengacu pada UU Penyiaran dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang disetujui oleh lembaga pengelola media nasional. Metode analisis konten digunakan untuk mengevaluasi konten berita pada program Sisipkan. Studi ini menyoroti bagaimana informasi disusun, disajikan dan mencerminkan kepatuhan terhadap kode etik penyiaran. Hasil analisis mencakup aspek-aspek utama antara lain keakuratan informasi, objektivitas, etika jurnalistik, dan penyajian isu sosial dan politik. Hasil penelitian ini menggambarkan sejauh mana Trans TV mematuhi prinsip perilaku penyiaran dalam desain dan penyajian informasi melalui program Insert-nya. Penelitian ini memberikan wawasan apakah program tersebut memenuhi standar etika dan integritas jurnalistik, serta rekomendasi perbaikan jika ditemukan pelanggaran kode etik jurnalisme. Kajian ini penting dalam konteks kebebasan pers, integritas jurnalistik, dan akuntabilitas media. Temuan-temuan ini diharapkan dapat membantu organisasi media massa lainnya meningkatkan jurnalisme mereka, memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada publik akurat, berimbang, dan tidak memihak. Selain itu, penelitian ini berkontribusi terhadap literatur hukum media dan kajian media, dengan mendeskripsikan aktivitas jurnalistik dalam kerangka peraturan yang berlaku saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bagus, A. A. G., & Dewi, A. A. S. (2017). Analisis Program Talk Show Mereka Bicara Berdasarkan Pedoman Prilaku Penyiaran Dan Standar Program Siaran. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 14(1), 1–13. Http://Ejournal.Undwi.Ac.Id/Index.Php/Ilkom/Article/View/589
Fisal & Putra, 2022)Fisal, A., & Putra, S. (2022). Halaman Judul Programinfotainment Insert Pagi Di Transtv Dalam Perspektif Komunikasi Islam.
Gianty, G. (2017). Hak Cipta Dan Penggunaan Kembali : Lisensi Ini Mengizinkan Setiap Orang Untuk Menggubah , Memperbaiki , Dan Membuat Ciptaan Turunan Bukan Untuk
Kepentingan Komersial , Selama Anda Mencantumkan Nama Penulis Dan Melisensikan
Ciptaan Turunan Dengan Syarat Ya. Journal Of Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42. Http://Kc.Umn.Ac.Id/5548/1/BAB II.Pdf
Hadi , I., Swestin, G., & NUGRAHENI, Y. (2009). Potret Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik Dan Pedoman Perilaku Penyiaran Dan Standar Program Siaran (P3SPS) Pada Tayangan Infotainment "Insert Siang" Trans TV. TELEVISION BROADCASTING OF NEWS.
Mustaqim, N. (2011). Infotainment Insert Di Trans TV ( Studi Kasus Di Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen. Infotainment Insert Di Trans Tv ( Studi Kasus Di Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen), 30–40. Http://Eprints.Walisongo.Ac.Id/5266/1/051211069.Pdf
NN Mandagi, & N Lailiyah, S. S. M. K. (2016). Audience Reception Of Celebrity Private Sphere Through Janji Suci Raffi & Gigi. Audience Reception Of Celebrity Private Sphere Through Janji Suci Raffi & Gigi, Audience Recept. Celebr. Priv. Sph. Through Janji Suci Raffi Gigi, 1–11.
Sari, F. M. (2015). Komparasi Nilai Berita Pada Tayangan Infotainment Insert Di Trans Tv Dengan Intens Di Rcti. Jurnal Visi Komunikasi, 14(02), 166–180.
Wulansari, N. (2015). Motif Dan Kepuasan Pemirsa Televisi Pada Program Infotainment Insert. 23. Https://Eprints.Untirta.Ac.Id/554/1/Motif Dan Kepuasan Pemirsa Televisi Pada Program Infotainment Insert Dan Intens - Copy.Pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.