Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Pohuwato

Farhan Moh Radjak, Yakop Noho Nani, Romy Tantu

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Pohuwato. (2) untuk mengetahui bagaimana faktor yang menentukan kualitas pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif karena penelitian ini mengeksplor fenomena kualitas pelayanan publik pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil di kabupaten pohuwato. Teknik pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data dimulai dari pencatatan, reduksi, display, verifikasi sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Pohuwato pada aspek kualitas pelayanan publik masih kurang optimal dalam segi penampilan dan kemampuan, dan pada responsibilitas, akuntabilitas dan transparansi masih perlu untuk ditingkatkan lagi. Dan faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan yang dilihat dari ketersediaan sarana dan prasarana, alat penunjang dalam pelayanan masih perlu untuk diperbaiki dan sumber daya manusia yang ada di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten pohuwato masih harus perlu ditingkatkan lewat pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan.

Keywords

Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik.

Full Text:

PDF

References

Aneta, A., Aneta, Y., & Djafri, N. (2022) Pengembangan Manajemen Berbasis Pelayanan Administrasi Publik Pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), 3669-3679.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media.

Mardiasmo. (2004). Otonomi Dan Manajemen Keuangan Daerah. Andi. Yogyakarta.

Meutiah Ganie Rochman, (2000), Perubahan Pemerintahan: Good Governance.

Mohammad, Ismail, dkk. 2004. Konsep dan Pengukuran Akuntabilitas. Jakarta: Universitas Trisakti.

Naim, I., Isa, R., & Tohopi, R. (2022). Efektivitas Program Generasi Berencana Dalam Pengembangan Keluarga Berkualitas di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Jambura Journal of Administration and Public Service, 2(2), 91-98.

Rinaldi, Rudi. (2012) Analis Kualitas Pelayanan Publik. Public Administration Journal, 1(1), 22-34.

Robbins, S.P., Judge, (2016). Perilaku Organisasi. Jakarta. Salemba Empat.

Sugiyono, M. (2019). Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alvabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G (2016). Service, quality dan satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.