Analisis Kualitas Sarana dan Prasarana Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat

Furqan F

Abstract

Era globalisasi saat ini penuh dengan tantangan, oleh karena itu keberadaan pegawai merupakan poin yang sangat penting untuk mewujudkan rencana organisasi yang sudah ditetapkan. Peranan sumber daya manusia semakin semakin bertambah penting seiring berkembangnya zaman, mengingat hal ini sudah menjadi kewajiban bagi organisasi untuk lebih memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia yang lebih unggul dari sebelumnya. Salah satu dalam mencapai  sumber daya yang unggul yaitu dengan memahami indikator-indikator yang menjadi permasalahan dalam daam instansi. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat ditemukan kinerja karyawan yang menjadi faktor penurunan kualitas pelayanan instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh sarana dan prasarana terhadap kinerja karyawan. Pada penelitian ini didapati hasil analisis pengaruh sarana dan prasarana terhadap kinerja karyawan dengan nilai R2 22,5% dan 77,5% yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Keywords

Sarana Prasarana, Kinerja Karyawan, Era Globalisasi

Full Text:

PDF

References

Aula, F. H., & Nugraha, J. (2020). Pengaruh tata ruang kantor dan sarana prasarana terhadap kinerja pegawai. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 169-185.

Budihardjo, I. M. (2015). Panduan Praktis Penilaian Kinerja Karyawan. Raih Asa Sukses.

Cintia, E., & Gilang, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada KPPN Bandung I. eProceedings of Management, 3(1).

Hasmalawati, N., & Hasanati, N. (2017). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Mediapsi, 3(2), 1-9.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2009a. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Purba, H. S. H., Sinaga, K., & Siregar, F. A. (2022). Peranan Aplikasi E-Kinerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Kota Medan (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Medan). Publik Reform, 9(1), 26-33

Rahayu, S. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. J. Isema Islam. Educ. Manag, (4), 77-92.

Sedarmayanti, S., & Rahadian, N. (2018). Hubungan budaya kerja dan lingkungan kerja terhadap peningkatan kinerja pegawai pada lembaga pendidikan tinggi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 63-77.

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. KARIMAH TAUHID, 1(2), 226-233.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.