Peluang Pemasaran Official Statistik Melalui Media Sosial Bagi Pelaksanaan Diseminasi BPS
Abstract
Official statistic di Indonesia diproduksi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis kepada publik dalam kegiatan diseminasi. Pengembangan kegiatan diseminasi dilakukan berdasarkan hasil Survei Kebutuhan Data (SKD). Strategi pemasaran diseminasi juga diperlukan untuk menjangkau lebih banyak audiens sehingga hasil produksi data menjadi lebih diperhatikan. Pemasaran digital adalah hal yang tepat untuk dilakukan dalam masa ini. Konsumen PST BPS Pusat didominasi oleh usia produktif dan merupakan seorang pelajar/mahasiswa yang banyak mengakses media sosial. Penikmat konten video pendek seperti Instagram dan Tiktok di Indonesia sangat besar. Pemasaran data yang telah dilakukan oleh BPS antara lain adalah membuat drama singkat dengan memasukkan unsur dari tren terbaru, mengemas video dengan menarik dan menghibur, serta membuat konten video yang bervariasi dari tiap kantor provinsi. Dengan terus mengikuti arus tren yang ada, BPS memiliki peluang yang besar untuk memasarkan data melalui media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarsari, T., Rachmaningsih, T., & Suryono, H. (2021). Mengembangkan diseminasi official statistics: Peluang dalam perbaikan pelayanan publik. Seminar Nasional Official Statistics 2021.
Ascarya. 2021. 5 Langkah Literature Review, Tips dan Trik. PT. Ascarya Solution Allianz Webpage. https://ascarya.or.id/literature-review/.
Direktorat Diseminasi Statistik. (2022). Analisis hasil survei kebutuhan data BPS 2022. Badan Pusat Statistik.
Fink, A. 2005. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper. SAGE. https://libguides.usc.edu/writingguide/literaturereview.
Hafifah, S & Marsisno, W. (2022). Permasalahan dan potensi dalam diseminasi official statistics pada badan pusat statistik. Seminar Nasional Official Statistics 2022.
Hakim, Lukman Nul. (2020). Urgensi revisi undang-undang tentang kesejahteraan lanjut usia. Jurnal Masalah-Masalah Sosial. Vol. 11, No. 1. doi: 10.22212/aspirasi.v11i1.1589.
Jamaludin, Trenggana, A. F., Girsang, R. M., Harto, B., Pramudhita, P., & al, e. (2022). Pemasaran era kini: Pendekatan berbasis digital. Bandung: Media Sains Indonesia.
Najwa, Andien. (19 Januari 2023). Penggunaan media sosial di kalangan remaja. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/andinenajwa/63c92eb14addee4d135d1bc2/penggunaan-media-sosial-di-kalangan-remaja.
Olson, E. M., Olson, K. M., Czaplewski, A. J., & Key, T. M. (2021). Business strategy and the management of digital marketing. Business Horizons, 64(2), 285–293. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2020.12.004.
Rozaq, M & Nugrahani, RU. (2023). Penggunaan platform video pendek sebagai strategi komunikasi pemasaran digital untuk UMKM. Jurnal Komunikasi Nusantara. Vol. 5, No. 1. 21-30. https://10.33366/jkn.v%vi%i.271.
Samodra, FP. (29 Maret 2023). Diseminasi adalah penyebaran informasi, berikut strategi dan tahapannya. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/5245991/diseminasi-adalah-penyebaran-informasi-berikut-strategi-dan-tahapannya.
Susilo, Budi. (2018). Pemasaran digital: Segmentasi demografi pengguna media sosial di kota Pontianak. Eksplora Informatika. Vol. 8, No. 1. DOI: 10.30864/eksplora.v8i1.163.
United Nations. (2021). Buku pegangan manajemen dan organisasi sistem statistik nasional. United Nations.
Widuri, NR. (2000) Pemasaran jasa informasi perpustakaan. Jurnal BACA Vol. 25, No. 3-4. https://doi.org/10.14203/j.baca.v25i3-4.77.
Refbacks
- There are currently no refbacks.