Penanaman Nilai Karakter Moral Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah At-Taqwa Candung
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan maraknya kasus-kasus moral yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti beredarnya kasus melalui media sosial ataupun yang langsung tampak dilingkungan. Dengan adanya hal tersebut maka terjadi degradasi moral yang mengindikasi kalangan siswa, baik dari kasus kenakalan siswa ataupun peserta didik yang melakukan tindakan yang tidak sewajarnya kepada pendidik seperti tidak menghargai guru dalam bersikap, tidak sopan santun dalam berbicara dan lain sebagainya. Maka dari itu lingkungan pendidikan harus mampu untuk menindak lanjuti kasus tersebut untuk menyiapkan generasi yang lebih baik dimasa depan. Dengan adanya pendidikan dan karakter religius yang diaplikasikan sejak anak usia dini maka anak didik dapat menghindari problematika dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai karakter religius anak-anak dilingkungan sekolah terutama lagi dilingkungan madrasah dan pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pelaksanaan praktek lapanagan(ppl) kepada peserta didik yang ada di pondok pesantren tarbiyah islamiyah. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan,diharapkan anak didik tersebut tidak hanya mampu memahami teori saja tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fatah, A. Ahmad Han Yasa Almu’arif, and Ahmad Mushofihin, ‘Kontekstualisasi Filsafat Pendidikan Islam’, IAIN Kudus Press, 2020
Hambali, Muh., and Eva Yulianti, ‘Kebijakan Penerapan Budaya Damai Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Neberi 1 Sugihwaras Kab. Bojonegoro’, Pedagogik, 5.2 (2018), 193–208
Luthfiyah, Rifa, Aat Hidayat, and M. Choirunniam, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Pada Generasi Islam Milenial’, Tarbawi, 9.1 (2020), 59–82
Mustoip, Sofyan, Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018, 2018
Ramli, M, ‘Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik M. Ramli’, Tarbiyah Islamiyah, 5.1 (2015), 61–85
Salahudin, A, and Irwanto Alkrienchihie, Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa (Bandung: Pustaka Setia, 2013)
Trimuliana, Ifina, Nurbiana Dhieni, and Hapidin Hapidin, ‘Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun Pada PAUD Model Karakter’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.2 (2019), 570
Irawati, D., Monia, F. A., & Puadi, A. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang pada anak di SD Negeri 03 Pakan Labuah. Indonesian Research Journal on Education, 3(2), 871-878.
Radhiyah, I., Monia, F. A., & Ruwaida, R. (2023).
Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam Di Sman 01 Kecamatan Kapur Ix, Kabupaten Lima Puluh Kota. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 14-22.
Refbacks
- There are currently no refbacks.