Tingkat Kepuasan Publik terhadap Kualitas Data Statistik Resmi Hasil Diseminasi BPS Berdasarkan Survei Kebutuhan Data (SKD) Tahun 2022

Nito Sudinata

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan lembaga pemerintah di Indonesia yang berperan sebagai produsen statistik resmi. Penjaminan standar kualitas data menjadi kunci utama sebelum dipublikasikan dan dirilis kepada publik. Tujuan penulisan ini   menjelaskan metode diseminasi data yang diterapkan oleh BPS, menjelaskan penjaminan kualitas data, dan membandingkan persentase kepuasan konsumen terhadap kualitas data BPS berdasarkan dimensi penilaian yang ditetapkan oleh BPS. Tingkat kepuasan publik terhadap kualitas data diukur dari survei kebutuhan data (SKD) tiap tahun oleh BPS. Survei tersebut merupakan survei tahunan yang dirilis pada akhir tahun. Berdasarkan survei kebutuhan data (SKD) tahun 2022, penilaian kepuasan dilihat dari tiga aspek, yaitu kelengkapan data, akurasi data, dan kemutakhiran data. 94,57% konsumen memberikan penilaian puas terhadap kelengkapan data BPS, 96,89% konsumen puas terhadap akurasi data, dan 95,76% konsumen puas terhadap kemutakhiran data. Selain itu, indeks kepuasan konsumen (IKK) terhadap kualitas data juga diukur dalam survei tersebut. Skor IKK yang diperoleh BPS sebesar 92,76 yang artinya sangat baik. Dengan penjaminan kualitas data yang baik dan strategi diseminasi data yang tepat diharapkan akan meningkatkan kepuasan konsumen data BPS di masa yang akan datang.

Keywords

official statistics, diseminasi data, penjaminan kualitas data, survei kebutuhan data (SKD) BPS, IKK.

Full Text:

PDF

References

Ambarsari, T., Rachmaningsih, T., & Suryono, H. (2021). Mengembangkan Diseminasi Official Statistics: Peluang dalam Perbaikan Pelayanan Publik (Developing Dissemination of Official statistics: Opportunities in Public Service Improvement). Seminar Nasional Official Statistics, 1–10.

Nation, U. (2021). Edition of the Handbook of Statistical Organization (Issue April).

Waskitho, S. (2021). Pembangunan Web National Quality Assurance Framework ( NQAF ) di Badan Pusat Statistik. 1–8. https://repo.stis.ac.id/handle/123456789/1082

Republik Indonesia. (1997). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik. Jakarta: Sekretariat Negara.

BPS. (2013). Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 57 Tahun 2013.

BPS. (2020). Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 36 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis BPS tahun 2020-2024

Direktorat Diseminasi Statistik. (2022). Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2022. Badan Pusat Statistik.

BPS. (2023). Badan Pusat Statistik. BPS. www.bps.go.id

BPS. (2023). Sistem Informasi Layanan Statistik (SILASTIK). BPS. silastik.bps.go.id

BPS. (2023). Badan Pusat Statistik. BPS. https://ppid.bps.go.id/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.