Peran Official Statistics dalam Pengambilan Kebijakan untuk Mengurangi Kesenjangan Pendidikan di Indonesia
Abstract
Pendidikan di Indonesia sampai saat ini masih ada kesenjangan antar daerah, terutama antara Pulau Jawa dan Pulau Papua. Hal itu dapat diukur dari variabel persentase angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, dan penguasaan teknologi masyarakatnya. Variabel tersebut dapat didapatkan melalui data Official Statistics Badan Pusat Statistika(BPS). Oleh karena itu, diperlukan kebijakan baru yang menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Tujuan dibuatnya artikel ini, yaitu untuk menjelaskan apa saja peran data Official Statistics untuk membantu pemerintah mengambil kebijakan dalam upaya mengurangi kesenjangan pendidikan di Indonesia. Melalui pembahasan yang dijabarkan, didapatkan enam peran Official Statistics adalah (1) membantu dalam mengidentifikasi dan mengukur kesenjangan pendidikan; (2) untuk perencanaan dan pengembangan kebijakan;(3) membantu dalam mengevaluasi keberhasilan program pendidikan; (4) sebagai pemantauan kemajuan; (5) dasar pengalokasian sumber daya; (6) dasar penyelidikan dan riset. Dengan demikian, perlu adanya peningkatan kualitas dalam pengelolaan data statistik melalui modernisasi untuk memaksimalkan pengambilan kebijakan bidang pendidikan di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustang, A., Asrifan, A., & Ainun Mutiara, I. (n.d.). Masalah Pendidikan di Indonesia Oleh.
Amirya, M., & Irianto, G. (2023). TANTANGAN IMPLEMENTASI SUSTAINABLE
DEVELOPMENT GOALS (SGDs) DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 9(1), 187–198. https://doi.org/10.24252/jiap.v9i1.38916
Surya P, W. (2021). Pentingnya Modernisasi dan Adaptasi Offical Statistics dalam Menghadapi Perkembangan Zaman. Statgov.Id, 1–11.
United Nations. (2022). 4th Edition of the Handbook of Statistical Organization.
Departement Of Economic and Social Affairs.
Yusrina D., C. (2021). Modernisasi Official Statistics Sebagai The Cornerstones Of Good Government. Statgov.Id, 1–11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.