Mengapa Sosiologi Pendidikan (dalam Perspektif Calon Guru)
Abstract
Sosiologi pendidikan memiliki urgensi yang besar bagi calon guru karena memungkinkan mereka untuk memahami hubungan antara proses pendidikan dan masyarakat, serta perilaku dan kebutuhan siswa. Hal ini penting agar guru tidak hanya menguasai materi, tetapi juga dapat menyesuaikan metode pengajaran dan memahami siswa secara holistik. Metode penulisan yang digunakan adalah studi kepustakaan. Kegiatan studi kepustakaan dimaksudkan sebagai salah satu pendekatan dalam pengumpulan bahan, data, dan materi yang memuat informasi berkaitan dengan sistem pengupahan. Dari hasil studi kepustakaan tersebut diperoleh simpulan mengenai pentingnya diberlakukan suatu sistem pengupahan nasional. hasil penelitian menunjukkan Belajar psikologi pendidikan berarti belajar tentang aspek psikologis siswa, sehingga calon guru memiliki bekal dasar dalam melaksanakan teknik pembelajaran yang efektif diterapkan dalam keadaan karakteristik siswa tertentu. Teknik pembelajaran juga menyangkut strategi dalam pembelajaran yang disampaikan apakah dapat dimengerti oleh siswa dengan baik atau tidak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rahmadi, dkk. (2022). Psikologi Pendidikan. Sukoharjo: Pradina Pustaka
Purwanto, Ngalim. (2017). Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosda Karya
Suryabrata, Sumadi. (1984), Psikologi Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali
Slavin, Robert. (2006). Education Psychology, Theory and Practice. Amerika: John Hopkin University
Yumnah, Siti dkk. (2022). Bunga Rampai Psikologi Pendidikan. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Kalidanastiti."Pentingnya Mempelajari Pendidikan"Guru PsikologiDalam: kalidanastitispace.blogspot.in/2013/11/pentingnya-guru-mempelajari- ilmu.html?m=Idiakses Desember 2023
Bismi, (2023)Pentingnya Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Calon Guru https://steemit.com/indonesia/@bismi/pentingnya-mempelajari-psikologi-pendidikan- diakses pada Desember 2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.