Penerapan e-Government dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Bandung

Merdeka Safa Chaitra, Izjtihad Anisa Maulidyfil'ard Robin, Yosari Febrian Martha, Ivan Darmawan

Abstract

Penggunaan e-government adalah bagian kecil dari instrumen teknologi untuk membantu pemberian pelayanan publik kepada masyarakat, yang membutuhkan regulasi yang memadai. Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang telah mengimplementasikan e-government dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Teori yang digunakan menurut (Indrajit, 2004) ada tiga unsur untuk mengimplementasikan konsep e-government, yaitu: support, capability dan value. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan e-government di Kota Bandung sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian dengan analisis elemen support, capacity, dan value menunjukkan bahwa implementasi e-government di Kota Bandung telah berjalan dengan optimal guna mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi dan layanan publik dari pemerintah. Meskipun demikian, Pemerintah Kota Bandung harus terus mengembangkan dan mensosialisasikan konsep e-government kepada masyarakat sehingga dapat membawa kebermanfaatan bagi semua pihak.

Keywords

implementasi; e-government; pelayanan publik

Full Text:

PDF

References

Adibowo, R., & Putri, S. O. (2016). Penerapan e-government dalam Paradiplomasi Pemerintah Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 6(2), 10 pages. https://repository.unikom.ac.id/51332/1/9.rino-adibowo-sylvia.pdf

Dewi, B. P. (2019). Penerapan Electronic Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. EJournal Pemerintah Integratif, 7(4), 482–492.

Indrajit, R. E. (2004). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi.

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government. Electronic Government, 84, 1–166. https://www.academia.edu/30100450/Electronic_Government

Julianto P, M. A., Ismanto, S. U., & Sukarno, D. (2022). E-Readiness Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Bursa Kerja Online Melalui Aplikasi BIMMA (Bandung Integrated Manpower Management Applications). JANE - Jurnal Administrasi Negara, 14(1), 266. https://doi.org/10.24198/jane.v14i1.41313

Kusuma, A. A., Wasistiono, S., & Pitono, A. (2021). PENERAPAN e-government DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 13(2 SE-Articles). https://doi.org/10.54783/jv.v13i2.422

Kusuma, A. A., Wasistiono, S., & Pitono, A. (2021). Penerapan e-government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat “Implementation Of Egovernment In Improving The Quality Of Public Service In Department Of Investment Service And Integrated Service In Bandung City, West Java Province.†Visioner, 13(2), 145–157.

Mulyadi, A. M., Suwaryo, U., & Sagita, N. I. (2021). THE QUALITY OF e-government IN POPULATION SERVICE IN BANDUNG 2021. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3116–3129.

Rahdeana A Kurnia, Kushandajani, L. K. A. (2016). Implementasi Smart City Di Kota Bandung Dalam Mewujudkan Konsep Smart Governance. Departemen Politik Dan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 1–23.

Sari, A. P., & Kartini, D. S. (2022). Optimizing Bandung City Government Public Services during the Covid-19 Pandemic. PERSPEKTIF, 11(4), 1309–1317. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i4.7505

Sosiawan, E. A. (2005). Tantangan Dan Hambatan Dalam Implementasi e-government Di Indonesia. Seminar Nasional Informatika, 2008, 99–108.

Suherman, D. (2020). Penyelenggaraan E-Goverment di Kabupaten Bandung Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 12(2), 101–111. https://doi.org/10.15575/jpan.v12i2.10300

Tori, Digito Fianaran (2022) Kualitas Pelayanan Izin Khusus Waktu Pelayanan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Melalui Aplikasi Bandung Sadayana. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Yusuf, R. M. S., & Jumhur, H. M. (2018). Penerapan e-government Dalam Membangun Smart City Pada Kota Bandung Tahun 2018. EProceedings of Management, 5(3), 3126–3130. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/7794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.