Penerapan E-Government Dalam Aplikasi Selesai Dalam Genggaman (Salaman) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung

Frida Nur Oktaviani, Krisna Yuliana Sari, Mohamad Rafi Surya Balebat, Ivan Darmawan

Abstract

Aplikasi SALAMAN merupakan aplikasi pelayanan administrasi kependudukan yang dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Aplikasi ini menjadi salah satu perwujudan dari pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government. Aplikasi SALAMAN mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat Kota Bandung, tetapi belum semua masyarakat mengetahui bahkan memahami aplikasi ini. Selain itu, masih ada masyarakat yang merasa pelayanannya masih tidak jelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pelaksanaan yang sudah diterapkan dalam aplikasi ini. Metode yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif melalui studi pustaka. Pada implementasinya, bahwa aplikasi ini dapat dikatakan cukup berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala dan kekurangan didalamnya.

Keywords

e-government, SALAMAN, kependudukan

Full Text:

PDF

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Azizah, A., Rostyaningsih, D., & Lestari, H. (2023). Efektivitas Program Aplikasi Salaman dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Disdukcapil Kota Bandung. Journal of Public Policy and Management Review, 12(2), 389–408. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/38453

Elkesaki, R. ’Arsy, Oktaviani, R. D., & Setyaherlambang, M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 69–90. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.456

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Garini, D. A., Amalia, R., & Ristiani, I. Y. (2021). Efektivitas Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran Melalui Aplikasi Salaman Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Jurnal Registratie, 3(1), 25–39.

Legi, H. V., Rawis, J. A. M., Simanjuntak, S., & Oentoe, F. J. A. (2020). Model Implementasi e-Government di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 212–228. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.333

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655

Sitompul, N. R., & Widiyarta, A. (2023). Penerapan Aplikasi Salaman (Selesai dalam Genggaman) dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Bandung. NepRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 220–230. http://neorespublica.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/99

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 11(2), 173–179.

Winarni, L. (2019). Pengembangan Birokrasi Digital Di Indonesia. INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(02), 24–32.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.