Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Izmi Nursyamsiyah, Putri Kheisya Nursari Setiabudi, Nur Indah Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan media video terhadap pemahaman dan pencapaian siswa dalam mata pelajaran tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimental dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Implikasi dari penelitian ini memberikan rekomendasi terhadap penggunaan media video sebagai alat bantu yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat Sekolah Dasar, khususnya dalam konteks pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Keywords

Hasil belajar, Pendidikan Pancasila,Media Video

Full Text:

PDF

References

Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Media Komik Literasi Islam Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Nilai-Nilai Pancasila Kelas V Sd Plus Darul Ulum Jombang.

Pranata, K., Fikri, A. N., & Zulherman, Z. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Melalui Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6231-6236.

Putra, L. D., Azizah, A. N., Widiastuti, B. T., & Sari, S. I. (2023). Pemanfaatan Media Video dalam Pembelajaran Pancasila Kelas V SD Muhammadiyah Bodon. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 398-406.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104-113.

Muslimin, M. I. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas II SD. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(1), 26-34.

Sulistyawati, S., & Sarmi, N. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya di SMPN 4 Kamal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 34-41.

Dewi, J. Y., & Napitupulu, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Biasa Di Kelas Iv Sd Negeri 101771 Tembung. Education Achievement: Journal of Science and Research, 21-27.

Lubis, S. P. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 1(2), 169-174.

Sugiyono. 2012. METODE PENELITIAN pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. PT. Kalola Printing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.