Peran Big Data Dalam Literasi Digital Pada Mahasiswa Politeknik Statistika STIS

Fatimatuzzuhra F

Abstract

Penggunaan Big Data telah menjadi perbincangan utama dalam berbagai bidang, termasuk literasi digital. Mahasiswa sebagai generasi digital native tentu dituntut untuk memahami dan memanfaatkan Big Data sebagai media literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan big data untuk literasi digital oleh mahasiswa Politeknik Statistika STIS. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik mengumpulkan data menggunakan survei kuesioner menggunakan google form  dan pemilihan responden ditentukan dengan cara simple random sample. Hasilnya menunjukkan bahwa 10 dari 11 mahasiswa mengetahui istilah Big Data. sementara itu, 6 dari 11 mahasiswa telah menggunakan Big Data sebagai media literasi digital dan 5 diantaranya telah memiliki kemampuan untuk mengakses dan memanfaatkan Big Data. Temuan ini menunjukkan bahwa masih adanya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengakses dan memanfaatkan Big Data sebagai media literasi digitalnya. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa hambatan.

Keywords

Politeknik Statistika STIS, mahasiswa, literasi digital, Big Data

Full Text:

PDF

References

Databoks.katadata.co.id. (2023). Pengguna internet di Indonesia tembus 213 juta orang hingga awal 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Maulana, M. (2015). Definisi, manfaat dan elemen penting literasi digital. www.muradmaulana.com

O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2010). Management information systems (10th ed.).

Solihin, O. (2021). Implementasi big data pada sosial media sebagai strategi komunikasi krisis pemerintah. Jurnal Common |, 5(1). https://doi.org/10.34010/common

Solihin, O., & Bahriyah, E. N. (2021). Pemanfaatan big data untuk literasi digital mahasiswa Bandung. 18(02), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/jkomu.v18i02.401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.