Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Luas Persegi dan Persegi Panjang Kelas IV SD Kanisius Beringin

Dyah Ayu Wulandari, Putri Dewani Iswara, Mudita Pramesti, Dwika Yafi Muharromi, Yuzevira Nova Ariviana, Itsnaini Madu Zari, Trimurtini T

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran PBL dan media gambar untuk kelas IV SD Kanisius Beringin. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui non-tes yaitu observasi dan tes yaitu pretest dan posttest. Pada saat pemberian tes pretest terdapat beberapa peserta didik yang nilainya masih terbilang kurang dari target yang akan dicapai.  Penelitian ini dilakukan di SD Kanisius Beringin dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sebelum mendapat bantuan yaitu 0% peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM meningkat setelah mendapatkan bantuan belajar menjadi 84% peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media gambar melalui model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mengenai materi luas persegi dan persegi panjang di kelas IV SD Kanisius Beringin.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Media Pembelajaran Gambar, Hasil Belajar, Luas Persegi dan Persegi Panjang.

Full Text:

PDF

References

Andeswari, S., Sholeh, D. A., Zakiyah, L. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(1).

Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1), 37-56.

Kumalasari, O. D., Samsiyah, N., & Pujiati, W. (2023). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas Iii Sd N Pilangkenceng 01 Madiun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5561-5573.

Lisnawati, A., Asyahidah, N. L., Haifarashin, R., Sormin, Y., Komariah. (2023). Implementasi Model PBL pada Materi Pengukuran Bangun Datar untuk Mengetahui Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas IV. Jurnal on Education. 6(1).

Mulyawan, R., Ramdani, R., & Komariah, K. (2023). Pembelajaran Pengukuran Luas Persegi Panjang Satuan Baku Menggunakan Model PBL di SD Negeri 066 Halimun. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11614-11621.

Oktafia, F., & Devi, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning di SDN 04 Pasar Surantih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2541-2547.

Rusmanto, R., & Zabda, S. S. (2015). Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Keliling Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas III Semester II Di SD Negeri Pakem 01 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sapoetra, B. P., Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4).

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 69-87.

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu. 6(3).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.