Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Shopee
Abstract
Tujuan daripenelitian ini untuk mengeksplorasi efek penggunaan pemasaran digital terhadap peningkatan penjualan di platform e-commerce Shopee. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan studi pustaka, pendekatan ini dianggap naturalistis sebab dilaksanakan dalam situasi alamiah (natural setting) (Sugiyono, 2019). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan live streaming, affiliate, promosi dan periklanan dapat mempunyai peran untuk menaikkan penjualan di shopee. Hasil studi menunjukkan bahwa strategi seperti live streaming, afiliasi, promosi, dan periklanan memiliki peran signifikan dalam meningkatkan penjualan di Shopee. Shopee memiliki keunggulan dalam kemudahan penggunaan untuk memasukkan gambar produk, dengan kemampuan mengunggah hingga 9 gambar secara bersamaan. Dalam aspek penjualan, platform ini menyediakan fitur yang memudahkan pemasar dalam menunggu pembayaran, mengelola produk yang perlu dikirim, dan memantau status transaksi yang sudah terselesaikan. Terdapat pula fitur eksklusif "barang diblokir" akan membantu pemakai mengatasi perkara terkait produk yang dipasarkan. Namun, terdapat kekurangan pada Shopee, seperti adanya pemisahan antara pembeli dan penjual yang dapat menciptakan kesan kurang efisien dan rumit. Selain itu, persyaratan untuk memenuhi promo ongkos kirim gratis terkesan repot serta membingungkan. Model deskripsi produk juga terkesan kurang menarik bagi calon konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arafah, N. N., Kamilatunaimah, M., Huang, C., & Fahlevi, R. (2022). Strategi Digital Marketing Menggunakan Media Sosial Dan E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis UMKM Yasmin ’ S Brownies. 1(4), 259–271.
Azalia, D., & Amin, M. (2023). Analisis Penerapan Live Streaming Shopee Dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Di PT Erju Dermatologi Indonesia. 6(2), 117–132.
Damai, P. T., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko DamAI. 2(1), 1–15.
Damayanti, A. (2018). STRATEGI IKLAN ONLINE (Studi Iklan Shopee Di Media Sosial) SKRIPSI.
Daulay, R., & Mujiatun, S. (2021). The Appeal Of Advertising And Word Of Mouth To Online Shopping Interests On Shopee Application. 2(1), 45–53.
Fachrina, R., & Nawawi, Z. M. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Di Marelan. 247–254.
Familmaleki, M., Aghighi, A., & Hamidi, K. (2015). Analyzing The Influence Of Sales Promotion On Customer Purchasing International Journal Of Economics &. 4(4). Https://Doi.Org/10.4172/2162-6359.1000
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Daya Saing : Literasi Digital Dan Transformasi Digital. 1(3), 237–250.
Ginting, A. K., & Harahap, K. (2022). Pengaruh Direct Marketing Dan Product Quality Terhadap Repurchase Intention Pada Live Streaming Marketing Shopee Live ( Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Medan ). 1(8), 500–506.
Kinasih, M. P., Endah, N., & Wuryandari, R. (2023). PENGARUH PRICE DISCOUNT , PRODUCT KNOWLEDGE , DAN TIME PRESSURE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA FITUR SHOPEE LIVE Contact : Cite This Article : 2(5), 88–101.
Kurniawati, A., & Ariyani, N. (N.D.). Sales Promotion Strategy On Shopee Marketplace. 65–79.
Lu, Z., Xia, H., Heo, S., & Wigdor, D. (2018). You Watch , You Give , And You Engage : A Study Of Live Streaming Practices In China.
Mela Devita, Zuhrinal M Nawawi, N. A. (2022). E-COMMERCE SHOPEE MARKETING STRATEGY IN INTERNATIONAL BUSINESS. 1(November), 491–497.
Meliyan, T., & Purnamasari, D. (2023). Shopee Affiliate Viral Marketing Potential As A Promotional Media. 1(March).
RAFIQIH, A. (2022). Sistem Affiliate Dalam Marketplace Shopee Menurut Hukum Islam Dan Hukum Positif Di Indonesia.
Rahman, F. (2020). Praktik Affiliate Marketing Pada Platform E-Commerce Dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Https://Doi.Org/10.35316/Istidlal.V6i1.407
RANISWARA, D. A. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing ( Shopee ) Untuk Membantu Meningkatkan Kegiatan Pemasaran Secara Online Pada Umkm Miss Batik Collection.
Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). MENGENAL PEMASARAN DIGITAL DAN MARKET PLACE : Solusi Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19. 2(1), 44–53.
Refbacks
- There are currently no refbacks.