Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Konkret Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang

Erina Fadillasari, Ade Irma Shakila, Okta Pramudita, Indira Rachmayani, Sagita Ayuk Lestari, Trimurtini T

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk analisis peningkatan  hasil belajar peserta didik dalam penggunaan media konkret bangun ruang dengan model pendekatan pembelajaran PjBL. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model PjBL dengan media konkret dilaksanakan melalui langkah: (a) perencanaan proyek; (b) menentukan langkah projek; (c) membuat jadwal; (d) memantau siswa; (e) menguji hasil; (f) dan evaluasi, sehingga penggunaan media konkret bangun ruang dengan pendekatan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas V SD Kanisius. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan metode pembelajaran yang memanfaatkan media konkret dan pendekatan proyek dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran matematika yang inovatif.

Keywords

PjBL, Bangun ruang, Media konkret, Inovatif

Full Text:

PDF

References

A. Sri, & Danu Sutejo. 2023. Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Di UPT SD Negeri Kesamben 06 Blitar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1).

Asti, R. W., & Sunata, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas.

Hermawati, E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas VA SD Negeri 4 Kutosari Tahun Ajaran 2022/2023.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.

Jatmiko, D., Rusmawan, R., & Hananingrum, K. J. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Model Problem Based Learning Materi Skala pada Siswa Kelas V. Pedagogie, 18(1), 1-8.

Pratiwi, N. A. K., Rostika wati, R. T., & Anwar, W. S. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART AND MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEGIATAN BERBASIS PROYEK DAN LITERASI. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5931-5944.

Prastiyo, A. P., Nursyahidah, F., & Puspitosari, I. (2023, July). 241. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Laerning (PjBL) pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Kelas V SDN 6 Wirosari. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 2146-2154).

Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862-2871.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.