Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Yang Berkualitas di Era Digital
Abstract
Pendidikan karakter adalah proses penerapan nilai-nilai moral dan agama kepada peserta didik melalui ilmupengetahuan, menerapkan nilai-nilai tersebut pada diri sendiri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan, dankepada Tuhan Yang Maha Esa. Perkembangan sosial anak sekolah dasar meningkat dari bersosialisasi dengananggota keluarga di rumah hingga berangsur-angsur mengenal orang-orang di sekitarnya. Anak-anak di usiaini juga sudah terbiasa dengan gaya hidup digital, termasuk di rumah, teman, sekolah, dan masyarakat sekitar. Era digital mempunyai dampak positif dan negatif. Peran kita sebagai orang tua, pendidik, dan orang dewasa adalah membimbing dan mengawasi anak-anak kita agar mereka menjalani kehidupan yang sehat dan layak, demi keuntungan mereka sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abeng Eddy Adriansyah, Dkk. (2015). Jendela Keluarga. Bandung: MQS Publishing.
Departemen Agama RI. (2000). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Intermasa.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Daryanto, Darmiatun Suryatri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015. Jakarta: Permendikbud.
Sudrajat, A. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 221-238.
Sari, D. P., & Kurniawan, A. (2019). Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar Menurut Teori Piaget. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 10-18.
Sari, D. P., & Kurniawan, A. (2019). Dampak Perundungan dan Pornografi Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2),139-146.
Sari, D. P., & Kurniawan, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembudayaan dan Penanaman Karakter Anak Usia Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),10-18.
Saiful Bahri. (2015) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. TA’ALLUM, Vol. 03. No. 01.
Salman Hasibuan. (2015). Budaya Media dan Partisipasi Anak di Era digital, Proceeding Of International Post-Graduate Conference. Surabaya: Program Studi S2 Dan Komunikasi Universitas Airlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.